Yayu Arundina

Saya adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Cimahi. Suka juga ikut-ikutan acara blogger dan motret untuk refreshingnya. Menikmati hidup itu favorit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Bahasa Indonesia dengan Kuis

Belajar Bahasa Indonesia dengan Kuis

Belajar Bahasa Indonesia itu membosankan ? Wah, jangan sampai anggapan seperti itu melekat di benak para siswa kita ! Setuju ?

Apa jadinya, jika mereka menganggapnya seperti itu. Bisa-bisa mereka tidak akan lagi cinta pada bahasa nasionalnya. Bahasa negaranya. Bahasa Indonesia. Lebih parah lagi kalau mereka lebih mencintai bahasa Korea dan bahasa Jepang sesuai dengan era Kpop dan Harajuku.

Oleh karena itu, kita, guru bahasa Indonesia harus menjadi duta bahasa yang paling jempolan. Mampu menggugah. Menginspirasi. Mampu membuat para siswa jatuh hati pada Bahasa Indonesia.

Salah satu caranya adalah mereka senang belajar Bahasa Indonesia. Mereka tidak dituntut untuk selalu berteori dan menghapal. Mari ajak mereka untuk bermain sambil belajar !

Salah satu metode yang digunakan untuk itu adalah kuis. Kuis Bahasa Indonesia ini bisa digunakan sebagai alat evaluasi sambil bersenang-senang. Bagaimana caranya ?

Mau tau atau mau tau bingits ? Inilah beberapa langkahnya :

1. Bagi siswa dalam beberapa kelompok.

2. Setiap kelompok, wajib membuat kartu-kartu huruf.

3. Guru mengajukan pertanyaan.

4. Siswa menjawab pertanyaan secara berkelompok dengan mengginakan kartu-kartu tersebut.

5. Kelompok tercepat yang menyusun jawaban dan benar, maka mereka bethak untuk mendapatkan angka. 100. 10 dan sebagainya. Terserah kepada guru. Angka mana yang paling disukainya.

6. Guru juga bisa memberikan angka berjenjang sesuai dengan tingkat kesulitan soal. Layaknya juara. Ada juara 1, 2, dan 3.

Nah, mudah bukan ? Selamat mencobanya yah ! Selamat berkuis ria dan membuat siswa senang belajar bahasa Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post