Yayuk Kaniyah

Mengajar di SD Negeri Kalisalak 02 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Lahir di Batang tanggal 20 Mei 1970. Seorang Ibu yang memiliki dua orang putra dan ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pelatihan G-Suit for Education

Pratinia

KKG Kecamatan Limpung Kabupaten Batang kemarin tanggal 23 s/d 27 Februari telah mengadakan pelatihan G-Suite for Education. Acara di buka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batang Bapak Achmad Taufik, S.P., M.Si.

Setelah pembukaan acara di isi oleh Kepala Bidang Pendidikan Kabupaten Batang, Bapak Sumanto, S.Pd,.M.Pd tentang seluk beluk dari AKM. Bagaimana sekolah mempersiapkan AKM agar bisa berjalan lancar dan sukses.

Sesuai agenda maka pertemuan berikutnya menghadirkan guru yang akan mengikuti pelatihan G- Suit For Education, dalam rangka mensukseskan AKM. Pelatihan bertempat di SDN Sempu dengan menggunakan 5 ruangan pelatihan dan dibagi menjadi 3 ruangan kelas yaitu kelas Kepala Sekolah, Kelas 4, Kelas 5 dan 2 kelas campuran. Setiap kelas rata - rata diikuti oleh 30 an peserta.

Dalam pelatihan kali ini KKG Kecamatan Limoung bekerja sama dengan S2 Pendidikan Dasar UPGRIS. Adapun sebagai Nara sumber dan panitia pelatihan adalah mahasiswa S2 Pendas UPGRIS. Sebelum acara di mulai Kaprodi Pendidikan Dasar UPRIS juga memberikan sambutan motivasi untuk para peserta pelatihan, semoga bisa memanfaatkan ilmu yang di dapat untuk kemajuan pendidikan di kecamatan Limpung.

Situasi pandemi covid menyebabkan pelatihan ini di lakukan dengan beberapa gelombang sesuai dkelompok yang sudah di atur panitia, agar protokol kesehatan tetap dijalankan.

Apa itu G suite for Education? G Suite for Education adalah sebuah produk dari Google berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem google cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staff, guru dan juga siswa untuk memudahkan sistem belajar mengajar yang lebih baik.

Adapun layanan dari G Suite for Education antara lain: 1) Google Kelas (Classroom) sebagai perangkat utama yang digunakan untuk membuat kelas, mengirim tugas dan saran yang cepat dan tidak menggunakan kertas. 2) Gmail. Dalam G Suite for Education ada fasilitas email. Dengan format berbeda jika dibandingkan menggunakan akun gmail yang gratis yaitu [email protected], maka dalam G Suite for Education formatnya menjadi [email protected] .3. G Drive Google menyediakan tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan anda. Sehingga perangkat laptop/ komputer tidak akan kehabisan memori. Dengan keamanan yang terjamin. 4) Kalender Selain kalender biasa juga mengatur jadwal meeting dengan mengundang peserta meeting dengan mengirim lewat email undangan. Lebih mudah maka tak perlu menghubungi satu persatu .5) Hangout. Fasilitas untuk melakukan chat, video call atau video call secara group. Ketika sebagai kepala sekola ingin meeting mendadak dan sedang berada dimanapun cukup menggunakan Hangout. 6) Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide) dalam google office dapat dilakukan dengan berkolaborasi, dengan menyediakan satu file baru dan mengundang semua anggota kelompok untuk bekerjasama mengerjakan tugas tersebut. 7) Google Site. Dalam Google site kita bisa membuat website sekolah atau pribadi dengan mengatur isi konten, menu, dan desain sesuai keinginan kita. 8) Google Vault yang berfungsi untuk mengarsipkan semua data email, g drive , chat dan lainnya, tanpa takut kehilangan data.

Adapun beberapa kelebihan dari G-Suite-For-Education adalah 1) Kolaborasi data, semua orang dapat membuat, mengubah, berbagi data secara real time dengan membuka satu laman yang sama dan file tersimpan secara otomatis di cloud jika ada perubahan.2) Mobile Friendly, bisa menggunakan dan membukanya dari laptop, tablet, atau gawai.3) Gratis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post