Yeni Fitri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
DONGENG  KISAH PUTRI BERAMBUT EMAS

DONGENG KISAH PUTRI BERAMBUT EMAS

PUTRI BERAMBUT EMAS

OLEH : YENI FITRI, S.Pd

Alkisah, seorang Putri yang sangat cantik berasal dari kerajaan Bullion memiliki rambut panjang dan sangat indah. Ia dipanggil Putri Goldeny karena memiliki rambut berwarna emas dan berkilau. Putri Goldeny merupakan seorang gadis kecil yang lucu, baik dan rajin. Ia selalu sedia melakukan pekerjaan apapun yang diminta ibunya. Goldeny adalah anak dari raja dan ratu Bullion yang terkenal arif dan bijaksana.

Pada suatu malam Putri Goldeny bermimpi. Ia bertemu seorang kakek berjubah putih dan memiliki jenggot putih yang panjang. Kakek itu berkata dalam mimpinya.

“Hai Putri cantik berambut emas. Simpanlah baik-baik rambut yang rontok setiap kau menyisir rambutmu. Masukkan dalam sebuah kotak. Jangan biarkan berserakan di lantai” ucap Sang Kakek.

“Baik Kek! tapi kalau boleh tahu, untuk apa rambut itu nanti Kek?” Tanya Goldeny.

“Nanti akan tiba saatnya kau membutuhkan rambut itu, pergunakanlah untuk hal yang baik” jawab Kakek sambil mengelus-elus jenggotnya.

Kakek membelai rambut emas putri. Seketika itu juga putri tersentak dari tidurnya.

Sejak saat itu, putri selalu menyimpan rambutnya yang rontok setiap kali ia menyisir rambut. Meskipun ia belum begitu paham apa yang dimaksud sang kakek, tapi ia mematuhi nasehat kakek dalam mimpinya tersebut.

Beberapa hari kemudian, terjadilah peperangan antara Kerajaan Bullion dengan Kerajaan Astor. Raja Astor adalah raja yang sangat jahat dan kejam, ia ingin merebut kekuasaan Kerajaan Bullion. Ia menyerang kerajaan Bullion dengan bantuan kerajaan Bing Bong yang bersekutu untuk menghancurkan dan membunuh semua keluarga besar kerajaan Bullion. Dengan jumlah tentara yang sangat banyak, akhirnya kerajaan Bullion kalah dalam peperangan tersebut. Raja tewas dalam pertempuran itu, sedangkan ibu Ratu dipenjarakan dalam penjara istana. Putri Goldeny berhasil diselamatkan oleh seorang pengawal kerajaan dengan melarikan diri melalui lorong bawah tanah.

Putri Goldeny di bawa ke sebuah desa terpencil yang jauh dari pusat kerajaan. Ia sangat sedih dan terpukul atas kematikan ayah dan ibunya. Selama berminggu-minggu sang putri selalu menangis mengingat peristiwa itu. Saat ini ia tinggal dan dibesarkan oleh pengawal kerajaan yang bernama Paman Ardinol.

Paman Ardinol adalah seorang prajurit yang memiliki ilmu bela diri yang tangguh. Meskipun kerajaan Bullion kalah dalam perangan namun, ia berhasil menyelamatkan sang putri dari kejaran para penjahat itu. Putri Goldeny bertekad ingin menyelamatkan ibunya dari penjara Raja Astor dan ingin merebut kembali kekuasaan kerajaan ayahnya. Ia pun belajar beladiri dengan Paman Ardinol dengan sungguh-sungguh.

Beberapa bulan kemudian, Paman Ardinol dan para penduduk desa mengalami kelaparan karena musim paceklik dan kemarau yang panjang. Mereka sudah kehabisan cadangan makanan dan tidak memiliki uang untuk membeli bahan makanan ke kota.

Suatu malam, putri kembali bermimpi bertemu sang kakek bersorban putih.

“Hai Putri cantik yang baik hati, bukalah kotak penyimpanan rambutmu. Juallah rambut itu ke kota dan gunakan untuk kebaikan” Pesan sang kakek.

Putri tersentak dari tidurnya dan segera mencari kotak penyimpanan rambutnya yang saat itu berhasil ia bawa bersama beberapa pakaiannya. Dengan rasa penasaran, putri segera membuka kotak itu.

“Haaaah… rambutku… rambutku….!”

Putri terkejut dan terkesima melihat kilauan emas dari dalam kotak penyimpanan rambutnya. Ternyata rambut putri yang berwarna emas itu benar-benar telah berubah menjadi emas setelah beberapa bulan. Ia menceritakan mimpinya pada Paman Ardinol dan menjual emas-emas itu ke kota untuk dibelikan bahan makanan. Sang putri membagikan bahan-bahan makanan tersebut kepada seluruh penduduk desa. Semua penduduk desa sangat senang dan berterima kasih pada Putri Goldeny.

Sejak saat itu, mereka tidak lagi mengalami kelaparan karena selalu dibantu sang putri dari penjualan rambut emasnya. Hingga beberapa tahun kemudian putri pun menjadi kaya raya dan mendirikan sebuah kerajaan baru yang bernama Kerajaan Goldeny. Ia memiliki banyak prajurit tangguh dan setia. Hingga akhirnya sang Putri bersama Paman Ardinol dan para prajuritnya berhasil merebut kembali kerajaan Billion dari Raja Astor. Akhirnya Putri Goldeny bersama ibunya hidup bahagia dengan memiliki dua kerajaan sekaligus yaitu Kerajaan Goldeny yang dipimipin oleh Putri Goldeny dan Kerajaan Billion yang dipimpin oleh Raja Ardinol.

TAMAT

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Waw keren cerita putrinya, mau dong sehelai rambut aja

14 Mar
Balas

hahaa... boleh un... tapi yg warna perak ya... alias putih... hihiii

15 Mar

wah, keren cerita aanaknya bu, walau udah dewasa saya ini masih suka kalo baca dongeng2 ttg putri2 bu, salam literasi

13 Mar
Balas

Alhamdulillah... sama bun.. saya juga suka dongeng dibanding cerita anak lain... mungkin karena suka menghayal kali... hehe.. salam literasi

13 Mar



search

New Post