Yeni Fitri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU MILENIAL 'WAJAR MELARAT'

GURU MILENIAL 'WAJAR MELARAT'

Oleh : Yeni Fitri, S.Pd

Menjadi guru milenial merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi pada era milenial ini. Sesuai dengan zamannya, saat ini guru harus mampu mendidik dan mengajar anak-anak yang berasal dari generasi Y dan generasi Milenial. Dalam Theory Generasi (Generation Theory) menurut Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, Penguin (2004) terdapat beberapa pembagian generasi yaitu generasi baby boomer (1946-1964), generasi X (1965-1980), generasi Y (1981-1994), generasi Z (1995-2010) dan generasi Alpha (2011-2025). Kelima generasi ini memiliki perbedaan zaman dan pertumbuhan yang mempengaruhi kepribadian mereka masing-masing.

Guru milenial harus mampu beradaptasi dengan sikap dan prilaku anak-anak generasi milenial. Mereka yang hidup di zaman modern dan teknologi canggih memiliki kemampuan dalam menggunakan berbagai macam teknologi terutama gawai dan internet. Guru milenial harus mampu menggunakan teknologi tersebut dengan cara meng-upgrade setiap perkembangan IT dan ilmu pengetahuan terbaru. Artinya, seorang guru dituntut harus tetap belajar untuk mengiringi perkembangan zaman yang serba canggih ini. Jika kita hanya mengandalkan ilmu yang di dapat dibangku perkuliahan dulu dan tidak mau belajar mengikuti perkembangan zaman, kita akan tertinggal dan tidak dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik terutama pembelajaran daring.

Salah satu cara yang dapat dilakukan guru adalah dengan berliterasi membaca berbagai buku atau literatur internet. Selain itu ada banyak kegiatan yang mendukung guru dalam belajar antara lain dengan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, ikut serta dalam webinar, melanjutkan pendidikan formal yang lebih tinggi serta menjadi seorang literat.

Guru milenial “WAJAR MELARAT” (Wajib Belajar Menjadi Literat). Untuk mengatasi tantangan saat ini, guru harus mau dan mampu berliterasi dari berbagai sumber sesuai dengan program pemerintah dalam Gerakan Literasi Nasional (GLN). Menurut Elizabeth Sulzby (1986), literasi merupakan kemampuan seseorang dalam berbahasa atau berkomunikasi (membaca, berbicara, menyimak, dan menulis) dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya masing-masing. Seorang guru harus mampu membaca dan mengolah setiap informasi dengan baik sehingga dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran. Guru yang berani mengajar harus siap untuk belajar kapan saja dimana saja. Dengan berliterasi guru dapat menambah wawasan, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Belajar menjadi seorang literat merupakan salah satu cara yang jitu dalam menghadapi fenomona saat ini. Sejak adanya wabah covid-19, pembelajaran daring maupun luring harus dilaksanakan dengan baik. Untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, guru harus mampu berinovasi dalam proses pembelajarannya. Dengan berliterasi guru dapat menyusun program dan rencana kegiatan pembelajaran yang efektif efisien agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Guru literat siap mengajar daring maupun luring. Beberapa metode dan strategi yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran antara lain :

1. Selalu memberikan sapaan hangat di awal pembelajaran dan membangun komunikasi efektif dengan siswa maupun orangtua siswa.

2. Memberikan respon tanggap pada setiap pernyataan, pertanyaan dan tanggapan siswa selama proses pembelajaran.

3. Mengaktifkan berbagai kegiatan literasi dengan efektif dan efisien.

4. Memantau kegiatan spiritual dan sosial siswa melalui tanya jawab, foto-foto atau video.

5. Menyajikan materi pelajaran dengan metode yang bervariasi seperti menayangkan video, animasi, gambar-gambar menarik, permainan, kuis dan lain-lain.

6. Memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran seperti gawai, laptop dan aplikasi yang ada didalamnya (WhatsApp, Youtube, Google, google form, quizziz, zoom dan lain-lain)

7. Memberikan tugas yang bervariasi dan menyenangkan. seperti diskusi bersama orangtua, mengerjakan kuis, wawancara singkat, kliping, foto-foto atau rekaman video, menulis kesimpulan dan menjawab pertanyaan.

8. Memberikan reward (penghargaan) dan peringatan pada siswa yang aktif dan tidak aktif.

9. Melakukan penilaian dan refleksi setiap proses pembelajaran.

Sebagai guru yang sedang belajar menjadi literat, saya juga mengikuti berbagai kegiatan literasi seperti belajar menjadi seorang penulis, menulis beberapa buah buku, mengikuti berbagai webinar, diskusi daring, pelatihan Sagusabu dan pelatihan Relawan Master Trainer yang diadakan oleh Teacher Learning Center (TLC) Putera Sampoerna Fondation. Semoga semua kegiatan ini bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan.

Solok, 04 Juli 2020

BIOGRAFI PENULIS

Yeni Fitri, S.Pd anak ke-tiga dari lima bersaudara yang lahir di Solok, 20 Desember 1984. Saat ini penulis mengajar di SDN 09 PPA Kota Solok Sumatera Barat sebagai guru kelas IV. Penulis merupakan guru berprestasi tahun 2014 tingkat Kota Solok dan pernah menjadi Finalis OGN Tingkat Nasional tahun 2017 dan Finalis INOBEL tahun 2019.

Alamat e-mail : [email protected], WA. 085363057870.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren

04 Jul
Balas

Makasih Bu Vivit...

05 Jul

Mantap..semoga lolos Bunda cantik.. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya..salam semangat.

01 Aug
Balas

Tidak ada guru yang melarat Bu. Semua guru kayaIlmu

04 Jul
Balas

Hanya singkatan.... Ada kepanjangannya pak.. Hehe... Silahkan dibaca dulu...

04 Jul

Yes, tulisan keren menewen

04 Jul
Balas

Alhamdulillah... Makasih Bun...

05 Jul

MasyaAllah..pemaparannya sungguh luar biasa bunda Yeny.. Semoga bisa lolos dalam lomba..Keren

04 Jul
Balas

amiin... Makasih Bu riska... Semoga kita sama2 lolos...

04 Jul

Salut. Sukses selalu buat Bunda sayang

04 Jul
Balas

Makasih Bun say...

04 Jul

informatif. semangat. salam

05 Jul
Balas

Makasih Bun... Salam literasi...

05 Jul

Keren, semoga sukses ys, ananda

05 Jul
Balas

Makasih bun... Amiin...

05 Jul

Luar biasa, mantap yeni, smg sukses.

05 Jul
Balas

Makasih buya.. Amiin...

07 Jul

keren buk Yeni

04 Jul
Balas

Makasih Pak Azwar

04 Jul

sukses sll deh

04 Jul
Balas

Amiin

04 Jul

salam literasi ya

04 Jul
Balas

Salam literasi

04 Jul

Keren

05 Jul
Balas

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Makasih bu sas...

05 Jul

Waw keren tulisanya bun..moga menang

04 Jul
Balas

Amiin... Makasih binda Solvia...

04 Jul

Wah guru melarat mantap.

04 Jul
Balas

Makasih Bun Ilma...

04 Jul

Mantab,Bu.

04 Jul
Balas

Makasih Bun Cicik...

05 Jul

Keren Yen wajib melarat... semoga menang

04 Jul
Balas

Amiin... Makasih uni... Semoga sama2 menang...

04 Jul

Mantap dan menginspirasi Yen

04 Jul
Balas

Makasih un...

04 Jul

Sangat bermanfaat bund...kerennn...sukses selalu

04 Jul
Balas

Amiin... Makasih Bun Henny

04 Jul



search

New Post