yenni lusia

Seorang PNS, seorang ibu dari 2 putra, seorang perempuan biasa yang selalu ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga dapat memberi manfaat...

Selengkapnya
Navigasi Web

Merebus Itu Mudah

Judul tulisan ini sepertinya sangat receh. Sereceh gurauan sesama teman di masa remaja. Ada sebaris kalimat canda waktu itu, keahlian satu-satunya adalah merebus air, itupun kadang masih gosong. Namun ternyata merebuspun ada trik nya agar pekerjaan di dapur menjadi efektif, efisien dan hemat. Ada trik yang dimulai dengan air dingin namun ada trik yang justru air harus dididihkan terlebih dahulu. Penulis ingin berbagi beberapa tips dan trik tentang merebus antara lain :

1. Jika membuat sayur bening, maka jangan buru-buru menyalakan kompor dan air rebusan sudah mendidih sebelum semua bahan disiapkan dan dibersihkan. Biasakan menyiapkan semua bahan terlebih dahulu kemudian didihkan air baru semua bahan sayur bening dicemplungkan ke dalam air mendidih yang sudah dibubuhi garam tersebut. Rasanya akan lebih manis dan tampilannya hijau segar dari pada sayur yang direbus bersamaan dengan air dan direbus hingga mendidih.

2. Jika merebus telur, agar telur tidak retak atau pecah saat direbus maka terlebih dahulu siapkan air dingin tuangkan kedalam panci yang sudah diisi telur sampai telur terendam, beri setengah sendok teh garam baru nyalakan kompor. Masak sampai mendidih dan tetap dalam keadaan tertutup sampai air rebusannya hangat-hangat kuku, baru kupas telurnya. Hrmat waktu, hemat gas/listrik dan hasilnya telur mulus dan cantik.

3. Jika merebus Kacang hijau, didihkan air terlebih dahulu baru masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih. Matikan kompor dan biarkan setengah jam dalam keadaan panci rebusan tetap tertutup. Setelah 30 menit kacang hijau direbus kembali. Akan terdapat selisih banyak waktu dan pemakaian gas/listrik yang dihemat.

4. Jika merebus daging/tulang iga maka gunakan trik 7-30-7 artinya didihkan air lalu masak daging selama 7 menit. Matikan kompor tanpa membuka penutup panci, diamkan 30 menit dengan kondisi panic tetap tertutup rapat kemudian nyalakan kompor untuk merebus kembali selama 7 menit. Maka daging sudah empuk dan bisa dilanjutkan untuk mengolahnya sesuai kebutuhan. Waktu dan pemakaian gas/listrik hemat banyak.

Demikian 4 cara merebus yang bisa menghemat waktu dan biaya. Semoga bermanfaat.

SweetFourteenHome, 20.03.2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih tipsnyo Buk

21 Mar
Balas

Sama2 Yesi. Salam literasi

21 Mar

Makasih tipsnyo Buk

21 Mar
Balas

Mks tips dan trik sangat bermanfaat bagi kita kita

20 Mar
Balas

Sama sama bu. Salam literasi

21 Mar

Makasih tipsnyo si..

21 Mar
Balas

Makasih tipsnyo si..

21 Mar
Balas



search

New Post