yenni lusia

Seorang PNS, seorang ibu dari 2 putra, seorang perempuan biasa yang selalu ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga dapat memberi manfaat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sampadeh Kecap

Sampadeh Kecap

Ibunda kami adalah seorang guru yang harus pandai mengelola waktu agar urusan keluarga tidak terabaikan. Resep racikan ibunda ini yang selalu dirindukan anak-anak dan cucu beliau hingga saat ini. Praktis membuatnya dan kami menyukainya. Saya ingin berbagi semoga bisa menjadi pilihan menu sahur dan berbuka puasa. yuk kita intip resepnya.

Bahan:

· 1/2 kg daging buat potongan dendeng tebal

· 3 potong gajih/gajeboh/ pisang-pisang/sandung lamur (optional)

· 1 buah kentang bagi 4 seperti potongan kerupuk kentang ( optional )

· 7 sendok makan kecap manis

· 20 butir bawang merah

· 20 siung bawang putih

· 1 ons cabe giling halus

· 1 ruas jahe seukuran jempol

· 1 batang serai dikeprek

· 4 lembar daun jeruk

· Minyak secukupnya untuk menumis

· Garam secukupnya

· Air asam jawa secukupnya

· Gula pasir secukupnya

· Air matang secukupnya

Cara:

1. Rendam daging dengan kecap, kurang lebih 30 menit, Sisihkan

2. Bawang merah, bawang putih dan jahe di iris iris

3. Tumis bawang merah, bawang putih aduk sampai wangi, kemudian masukkan cabe halus sambil terus diaduk, masukkan irisan jahe, serai dan daun jeruk terus diaduk kemudian masukkan daging beserta air rendaman kecap aduk rata hingga mengeluarkan aroma wangi kemudian masukkan air setengah gelas, tambahkan garam.

4. Tutup hingga air tinggal sedikit. Tambah lagi air secukupnya, biarkan mendidih hingga matang sambil sesekali di aduk. Masukkan potongan potongan kentang ( optional).

5. Setelah daging terasa empuk tambahkan air asam jawa dan seujung sendok teh gula pasir ( optional).

6. Koreksi rasa.

Sampadeh Kecap siap untuk disajikan dan disantap. SELAMAT MENCOBA.

SweetFourteenHome, 19.03.2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasan kulinernya, Bunda. Salam literasi

19 Mar
Balas

Masya Allah Tabarakallah. Terima kasih pak

19 Mar

Keren banget, sukses selalu untuk Ibu

19 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih opa Sunin. Salam literasi. Salam Nobaper

20 Mar

19 Mar
Balas

Salam literasi sahabatku

19 Mar



search

New Post