Yenti murni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Adab dan Ilmu

Adab dan Ilmu

#Tagur#02#29062021#

Apa sih adab itu ? Banyak terlintas dalam pikiran kita mengenai maksud dari adab, dan masih banyak diantara kita yang hanya paham kata adab secara bahasa saja, ternyata adab begitu dalam maknanya. sebab para ulama banyak yang mengatakan apabila ingin menilai seseorang dari segi manapun maka lihat saja dulu adabnya, maka akan bisa mengambil kesimpulan tentang pribadi seseorang.

Seberapa besar dan penting arti adab, maka kita bersandar kepada pendapat ulama Imam Malik berkata kepada pemuda Quraisy, "Pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu". Demikian pesan perkataan Imam Malik kepada seorang pemuda, yang menandakan jika adab adalah yang sangat terpenting apalagi berhubungan dengan ilmu dan menuntut ilmu.

Jadi sebelum mempelajari atau menuntut ilmu maka kita wajib mendalami adab sebagai pondasi kokoh dalam menuntut ilmu. Sebagaimana Yusuf Al Husain memberikan matlumat bahwa, "Dengan engkau mempelajari adab, maka engkau akan mudah memahami ilmu".

Begitu indah dan dalam makna kalimat para ulama dan ahli ilmu ini, mereka mengatakan hal ini karena ilmu adalah suatu hal yang sangat tinggi nilainya, maka untuk meraih ilmu maka harus mengikuti tahap-tahap untuk bisa menguasainya dengan baik dan sesuai dengan apa yang disyariatkan oleh Allah SWT.

Jadi kesimpulannya, ' beradablah sebelum berilmu". ( bersambung)

#adabislami#hiasandiri#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih sudah berbagi bun, sukses selalu

29 Jun
Balas

sama2 saaay...semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua..aamiin

05 Aug

Mantap Buk, beradap dulu sebelum punya ilmu, karena dengan beradap setidaknya kita punya fondasi yang kokoh. Salam santun Buk. Barakallahu fiik.

29 Jun
Balas

Makasih buj yessy..

29 Jun

keren tulisannya bu, peserta didikpun harus kita ajar dwmikian, cerdas dan jeniuspun dia tapi kalau akhlaknya ke teman apalagi k guru tidak sopan tentu ga ada artinya. adab dulu baru ilmu, mantap

29 Jun
Balas

makasih...semoga bisa memberi masukan ...salam literasi bu...

05 Aug



search

New Post