Yenti murni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Beda Lhooo..Cara Mendidiknya (6)

Beda Lhooo..Cara Mendidiknya (6)

#tagur#13#310821'#

Oleh Yenti Murni

Beda Lhoo...cara mendidiknya ?

Iya, seorang anak laki -laki wajib menjadi pemimpin dan pelindung, terutama sekali bagi keluarganya. Dan semuanya itu akan tercipta apabila dalam proses pendidikannya dilakukan dengan cara mendidik yang benar sesuai kefitrahanya sebagai laki laki.

Anak laki laki membawa fitrah sama dengan anak perempuan. Fitrah yang dibawa oleh anak laki-laki menurut ajaran agama Islam sejak ia mulai berada dalam rahiim yaitu:

1. Anak ibarat software, harus dijaga agar tetap terjaga oleh orang tuanya

Seorang anak laki-laki sudah seharusnya mendapat pendidikan dan pengajaran yang baik dari orang tuanya, ibarat software, jangan sampai rusak atau tak berfungsi. Tanggung jawab ini harus disadari oleh orang tua dalam pendewasaan anak. Intinya fitrah anak adalah dijaga dan dilindungi.

2. Tauhid (mengesakan Allah SWT )

Setiap anak lahir sudah membawa ketauhidan yang benar yaitu ber Illahkan kepada Allah swt. Orang tuanya yang harus menanamkan ketaatan dan kecintaanya kepada Tuhannya. Banyak hadist yang meriwayatkan bahwa seorang anak lahir dalam keadaan suci bersih(fitrah) maka orang tuanya lah yang menjadikan anak tersebut tetap beriman kepada Allah atau kafir kepada Allah. John Look seorang Pakar atau ahli dalam ilmu pendidikan juga mengatakan anak ibarat selembar kertas putiih, maka bagaimana kita akan melukisnya maka akan tergantung pada orang-oorang yang terdekatnya, terutama orang tua. Sebagaimana dalam Quran Surat Al A'raf ayat 172:

وَإِذۡ أَخَذَ رَبُّكَ مِنۢ بَنِيٓ ءَادَمَ مِن ظُهُورِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَأَشۡهَدَهُمۡ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمۡ أَلَسۡتُ بِرَبِّكُمۡۖ قَالُواْ بَلَىٰ شَهِدۡنَآۚ أَن تَقُولُواْ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ إِنَّا كُنَّا عَنۡ هَٰذَا غَٰفِلِينَ ١٧٢

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)’

Jadi jelas antara tuntunan dalam Quran dan pendapat ahli bidang Pendidikan menyatakan jika seorang anak lahir dalam keadan putih bersih tanpa noda. Krena John seorang non Muslim makai a menyatakan jika lingkungan yang sangat bepengaruh terhadap ketuhanan seorang anak.

Sedangkan menurut Islam, jelas beban tanggung jawab untuk membentuk rasa Ketuhanan dan ketaatan anak kepada Allah orang tuanyalah yang berperan. Seorang anak yang terjaga Tauhidnya maka ia akan memperoleh kebahagian dan sukses dunia akhirat.

3. Pengabdi yang taat

Allah menyatakan dalam Al Quran bahwa " Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku". Jelas ini terdapat dalam Quran surat Adzariyat ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Jelas dengan melalui ayat ini kita sebagai orang tua wajib menjadi teladan dalam menghambakan diri kepada Allah. Kita jadikan kita sebagai role model bagi anak kita dalam pengabdian dan ketaatan kepada Allah swt.

Apabila seorang anak sudah terbiasa untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah, maka akan mudah umtuk memahami agamanya dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. (bersambung)

#semangatparenting#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post