Yesi Arisanti

Guru di Yayasan Igasar Semen Padang, Kota Padang, Sumatra Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjemput Ilmu dari Pasangan Literat Sejati

Menjemput Ilmu dari Pasangan Literat Sejati

Oleh: Yesi Arisanti

Selain mendapatkan ilmu dari pelatihan yang diadakan oleh Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Allah juga menakdirkan saya untuk belajar dari pemilik rumah baca. Ya, saya bersama Ira, Uki, dan Dian menginap di wisma pemilik Rumah Baca Anak Nagari di Gulai Bancah, Bukittinggi.

Rumah baca ini sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat dan memenangi banyak perlombaan. Buku yang ada di rumah baca ini mungkin hampir sama dengan buku yang ada di perpustakaan sebuah instansi pemerintah.

Ketika saya tanya bagaimana cara mendirikan dan menjadikan rumah baca ini mempunyai koleksi yang sesuai tuntutan zaman. Jawaban yang diberikan membuat saya dan teman-teman terdiam. Kami hanya sanggup berkata, "Masyaallah." Mata kami berkaca-kaca mendengarnya

Hal yang dimulai adalah niat untuk berbuat yang bermanfaat untuk banyak orang. Setelah niat diluruskan, barulah dimulai dengan langkah-langkah berikutnya, yaitu mau belajar dan belajar.

Banyak kegiatan yang dilakukan di rumah baca ini. Selain tempat masyarakat untuk mendapatkan ilmu, juga ada permainan edukasi, tahfiz, keterampilan merangkai bunga, memasak, dll.

Saya berpesan kepada Pak Hasan dan Bu Sri, pendiri Rumah Baca Anak Nagari. Jangan pernah lelah dan bosan jika kami belajar dan banyak bertanya tentang rumah baca ini.

Juga ada kalimat yang membuat kami tersindir. Pengelola perpustakaan dan guru jangan seperti ayam mati di lumbung padi. Namun, jadilah seperti tikus yang kenyang di lumbung padi.

Bukittinggi, 23 September 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren reportasenya Bu Yesy

23 Sep
Balas



search

New Post