Yesi Arisanti

Guru di Yayasan Igasar Semen Padang, Kota Padang, Sumatra Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penguatan Karakter Melalui Studi Lapangan Budaya Alam Minangkabau (BAM)

Penguatan Karakter Melalui Studi Lapangan Budaya Alam Minangkabau (BAM)

Padang Panjang - Wajah Keyla, siswa kelas 6 SD Semen Padang, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Acara studi lapangan ini adalah hal yang ditunggu-tunggunya. "Saya sangat senang hari ini, Bu. Kegiatan ini sudah lama kami nantikan. Apalagi sejak pandemi Covid-19, acara ini tidak bisa dilaksanakan lagi. Kami bahagia bebas sebentar dari rutinitas belajar, pergi bersama guru dan teman-teman," ujar Keyla dengan wajah berbinar-binar.

Sekitar 105 siswa kelas 6 SD Semen Padang dan SD Bustanul Ulum Semen Padang mengikuti studi lapangan budaya alam minangkabau (BAM)). Acara ini dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat pada 24-25 Maret 2022. Para siswa didampingi 40 guru.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan anak-anak tentang sejarah dan budaya Minangkabau. Bapak berpesan kepada anak-anak semuanya, ikuti acara ini dengan baik. Dengarkan arahan dari Bapak dan Ibu Guru," tegas Efi Asmanto, Kepala SD Semen Padang.

Efi Asmanto menambahkan, hari pertama langsung ke Batusangkar mengunjungi Prasasti Batu Batikam dan Batu Basurek. Setelah salat Asar dilanjutkan ke Mifan Padang Panjang untuk menginap dengan melakukan training motivasi.

Melalui kegiatan ini juga bertujuan membentuk karakter peserta didik. Salah satunya yaitu Jelajah Literasi. Kegiatan ini bertujuan mengasah berpikir dengan memberikan tugas kepada anak-anak membuat denah dan melatih kepekaan mereka terhadap lingkungan. Juga melatih kebersamaan antar kelompok.

"Pagi ini, Jumat, 25 Maret, setelah salat Subuh acara dilanjutkan dengan Jelajah literasi. Selesai Jelajah Literasi anak-anak baru dipersilakan bermain dan berenang bersama teman-teman dan guru," tutur Reni Devita, koordinator seksi acara.

"Terima kasih saya ucapkan kepada majelis guru yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik. Semoga Allah meridai acara kita ini," tutur Zakaria, ketua panitia.

Menurutnya, kegiatan ini adalah proses belajar mengajar yang diikuti anak-anak. Ini dilakukan untuk melatih kemandirian mereka sambil mengenal adat budaya Minangkabau. Hal ini juga dilakukan untuk memenuhi tugas ujian praktik mata pelajaran BAM.

"Bapak berharap acara ini dapat dilaksanakan dengan baik. Saling bekerja sama, menjaga diri, dan nama baik sekolah, " kata Ari, Kepala Sekolah SD Bustanul Ulum Semen Padang. (yesi)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillaah, keren tulisannya, sehat dan sukses selalu bu Yesi Arisanti

25 Mar
Balas

Ulasan yang sangat kereeen.Izin follow ya Bu. Jika berkenan bisa memfollow balik. Salam sukses selalu

25 Mar
Balas

Reportase keren dan informatif sekali bunda. Terima kasih telah berbagi info Bunda. Sukses selalu

25 Mar
Balas

Keren tulisannya, asyik acaranya.Hebat gurunya, pintar anaknya.

25 Mar
Balas

Reportase yang keren bunda

25 Mar
Balas

Hasil reportase yang sangat menarik, informatif, dan inspiratif. Sukses selalu untuk seluruh siswa dan bapak ibu guru pendamping.

25 Mar
Balas

Keren ..keren banget. Peneliti cilik ilmuwan masa depan. Baarakallah

25 Mar
Balas

Wabarakallah. Sehat dan sukses selalu ya, Bu

26 Mar

Ulasan yg mencerahkan... salam literasi

25 Mar
Balas

Makasih Pak

26 Mar

Jadi pengen menulis reportase. Luar biasa.

25 Mar
Balas

Ayo Buk

26 Mar



search

New Post