Yessy Hasni

Guru SDN 06 Padang Birik-Birik Kota Pariaman Sumatra Barat. Sekarang mencoba menulis dengan konsisten. Menempuh sekolah di SDN 16 Naras 1, MTsN Padusunan Pariam...

Selengkapnya
Navigasi Web

4 TIPS MEMBUKA SEBUAH CERITA

Dalam sebuah cerita, pembukaan merupakan suatu komunikasi yang menentukan, karena dalam pembukaan ini akan terlihat pembaca akan membaca cerita kita atau langsung meninggalkan cerita yang dengan susah payah kita bangun.

Sebagai seorang penulis kita tentu akan terus belajar bagaimana pembaca betah membaca cerita yang kita buat. Tak pernah ada kata lelah untuk terus memperbaiki rasa dan emosi tulisan agar lebih menarik dan memicu sebuah keinginan untuk terus berkutat dengan cerita yang kita lahirkan.

Tips yang menurut saya pelajari yakni

1. Mulai cerita dengan sebuah kejadian penting, sehingga sang pembaca tau kalau kejadian ini akan membuat pembaca bertanya-tanya kelanjutannya.

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian, penasaran pembaca sehingga sang pembaca terpicu dan terbawa kedalam cerita serasa adonan yang diaduk-aduk.

2. Buat karakter tokoh yang menarik. Dengan karakter tokoh yng menarik, unik membuat sang pembaca semakin asyik menikmati bacaan cerita.

3. Konflik cerita.

Konflik merupakan detak jantung sebuah cerita. Jika konflik mampu mengaduk-aduk perasaan berarti membuat cerita mempunyai tujuan.

4. Berikan sentuhan rasa dan emosi dalam cerita agar lebih hidup. Jika pembaca membayangkan cerita itu andaikan mereka berarti cerita kita berhasil masuk dalam kriteria untuk terus dinantikan.

Begitu menurut yang saya pelajari, tinggal kita mempratekkannya. Semoga bisa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Mbak Yessy Hasni atas informasinya

25 Jan
Balas



search

New Post