Yetti Muryati Tanjung

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sate Padang Daging Ayam

Sate Padang Daging Ayam

Anjuran pemerintah agar masyarakat berdiam diri di rumah memang dapat membuat sebagian masyarakat gelisah karena ruang gerak menjadi terbatas. Namun, anjuran itu mau tidak mau harus dipatuhi sebagai upaya membantu pemerintah menghentikan penyebaran virus COVID 19 di Indonesia.

Yang dapat dilakukan saat ini adalah menemukan cara agar momen berdiam diri di rumah menjadi bermakna. Melakukan hobi memasak dapat menjadi salah satu solusinya.

Hobi memasak tentu dapat dilakukan jika bahan untuk memasak tersedia. Kadang kala ketiadaan itu menyebabkan seseorang batal mewujudkan hobi tersebut. Mungkin dalam keadaan normal, sebelum COVID 19 merebak, hal itu dapat diatasi dengan menyempatkan diri berbelanja bahan masakan ke warung atau ke pasar.

Nah, di saat seperti inilah dibutuhkan kreativitas seseorang untuk memanfaatkan apa saja yang ada di rumah sebagai bahan masakan. Jika ingin membuat sate padang misalnya, tapi tidak mempunyai stok daging sapi, Anda tidak perlu khawatir. Daging ayam pun ternyata dapat dijadikan bahan untuk membuat sate yang berasal dari daerah Minangkabau ini.

Berikut ini adalah uraian bahan-bahan, bumbu dan larutan pengental yang diperlukan untuk membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

1/2 kg Daging ayam (potong dadu)

8-10 lembar daun jeruk

1 helai daun kunyit

2 batang Serai

1 lempeng asam kandis/asam jawa

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Kaldu bubuk secukupnya

100 gram Kacang tanah goreng dihaluskan (opsional)

1000 ml air

Bumbu yang dihaluskan:

7 buah Cabe merah

15 butir bawang Merah

3 cm Kunyit (dibakar)

3 cm jahe

Ketumbar (disangrai) secukupnya

Jintan (disangrai) secukupnya

Lada secukupnya

1 ruas Lengkuas

Kapulaga (opsional)

Larutan pengental :

5 sdm tepung beras

1 sdmTepung tapioka (opsional)

100 ml air

Untuk langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.

1. Masak air, daging ayam, bahan-bahan dan bumbu yang dihaluskan hingga daging ayam matang.

2. Sisihkan daging ayam, pindahkan ke wajan. Kemudian masak dan boleh ditambahkan minyak goreng sedikit. Oseng hingga agak kering. (cara ini dilakukan kalau tidak ada tusukan sate)

3. Untuk kuah sate, masak kembali air sisa rebusan ayam. kemudian tambahkan kacang goreng halus dan larutan pengental. Masak kuah hingga mendidih dan kental.

4. Sajikan sate di piring beserta lontong atau ketupat dengan disiram kuah. Sebagai pelengkap, taburi sate dengan bawang goreng di atasnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaaab

28 Mar
Balas

Terima kasih ibu

28 Mar

Iya ibu silakan dicoba, tak ada rotan akar pun jadi. Terima kasih ibu sudah mampir

28 Mar
Balas

Wee, enak tenan, sate padang daging ayam. Keren bu. Barokallah

29 Mar
Balas

Sy paling suka makan sate padang buu..Klu di Tebing Tinggi, paling pavorit sate padang bg. Gendut. Soal rasa...wah...enuak betul.Tksh dgn resepnya buu

28 Mar
Balas

Makanan kesukaan kita ternyata sama. Selain rasanya yg enak, masakan ini kaya rempah penangkal virus, betul kan bu. Kembali kasih ibu

28 Mar

Wah..enak tuh bu.Sate padang daging ayam mau coba ah...

28 Mar
Balas



search

New Post