Yetti Yulia

Yetti Yulia lahir di Bukittinggi, 7 Juli 1969. saya merupakan anak ke-4 dari pasangan bapak Bakri Yunus (alm) dan ibu Meiyar Usman (almh). Menempuh pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kepemimpinan Kepala Sekolah

Kepemimpinan Kepala Sekolah

(Tantangan hari ke-36)

Sekolah adalah lembaga yang bersifat komplek dan unik, sehingga sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi. Sekolah sebagai organisasi, di dalamnya terhimpun unsur-unsur yang masing-masing baik secara perseorangan maupun kelompok melakukan hubungan kerja sama untuk mencapai tujuan. Unsur-unsur yang dimaksud, tidak lain adalah sumber daya manusia yang terdiri dari kepala sekolah, guru-guru, staf, siswa, dan orang tua siswa. Tanpa mengenyampingkan peran dari unsur-unsur lain dari organisasi sekolah, kepala sekolah merupakan personil intern yang sangat berperan penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah. Kepala sekolah adalah pemimpin sekaligus berfungsi sebagai manajer. Ukuran kinerjanya ditentukan oleh tingkat kepiawaiannya menguasai ilmu pengetahuan dalam memotivasi orang-orang untuk mengembangkan dirinya dan bekerjasama untuk mencapai tujuan.

Keberhasilan suatu sekolah pada hakikatnya terletak pada efisiensi dan efektivitas penampilan seorang kepala sekolah. Sedangkan sekolah sebagai lembaga pendidikan bertugas menyelenggarakan proses pendidikan dan proses pembelajaran dalam usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini kepala sekolah sebagai seseorang yang diberi tugas untuk memimpin sekolah, bertanggung jawab atas tercapainya tujuan sekolah. Kepala sekolah diharapkan menjadi pemimpin dan inovator di sekolah. Oleh sebab itu, kualitas kepemimpinan kepala sekolah adalah signifikan bagi keberhasilan sekolah. Seperti yang diungkapkan oleh Agustiar Syah Nur bahwa ”there are no weak platoons only weak leaders”. Dengan demikian jika sekolah gagal, maka itu adalah kegagalan kepala sekolah.

Di masa pandemic Covid-19, terjadi perubahan yang sangat signifikan terhadap pembelajaran di sekolah. Beberapa daerah menerapkan kebijakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Tiga bulan pertama, situasi ini menimbulkan banyak permasalahan, karena pandemic terjadi di luar dugaan, sehingga banyak sekolah tidak siap.

Memasuki tahun pelajaran 2020/2021, pandemic belum usai, pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19, hanya daerah yang berada pada zona hijau yang dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka. Berdasarkan data, 94% sekolah berada di zona kuning, oranye, dan merah, otomatis tetap melaksanakan pembelajaran secara daring. Untuk itu kepala sekolah sebagai manajer harus mampu menyusun program yang tepat dalam menghadapi situasi ini.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membangun manajemen pendidikan di sekolah yang dikembangkan oleh Henry Fayol. Henry Fayol menyatakan bahwa pengertian manajemen adalah proses yang terdiri dari kegiatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia (SDM) & mengandakan pengendalian dalam rangka untuk mencapai tujuan yang akan dicapainya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul

24 Jul
Balas

Terima kasih, Bu.

24 Jul

keren ceritanya buk Yetti

25 Jul
Balas

Alhamdulillah

25 Jul

smg sukses sll ya

25 Jul
Balas

Aamiin..

25 Jul

ttp smgt n salam literasi ya

25 Jul
Balas

Terima kasih, Pak. Salam literasi.

25 Jul

Hebaaat say

24 Jul
Balas

Terima kasih, say.

24 Jul

He..he..he..bertambah berat tugas kepsek dimasa pandemic ini ya bu.... semoga sukses

24 Jul
Balas

Betul, Pak. Aamiin.

24 Jul

SuemangaaatS

24 Jul
Balas

InsyaaAllah, Pak.

24 Jul

Mencerahkan,... Keren

25 Jul
Balas

Terima kasij, Pak.

25 Jul

Semangat...

24 Jul
Balas

InsyaaAllah, Pak.

24 Jul



search

New Post