Yetti Yulia

Yetti Yulia lahir di Bukittinggi, 7 Juli 1969. saya merupakan anak ke-4 dari pasangan bapak Bakri Yunus (alm) dan ibu Meiyar Usman (almh). Menempuh pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

(Tantangan hari ke-40)

Media pembelajaran merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran dan merupakan alat bantu dalam pembelajaran. Banyak macam media dapat digunakan. Dengan banyaknya media yang dapat digunakan akan dapat memberikan konstribusi dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru harus dapat memilih media yang tepat, sehingga dapat memperbesar arti dan fungsi dalam menunjang efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran.

Menurut Ali (1998:89), “ Media pengajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendprong proses belajar mengajar.” Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran dapat mempertinggi kualitas proses pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar siswa.

Media memegang peranan penting dalam pembelajaran seperti memperjelas penyajian pesan dan informasi, meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, mengatasi keterbatasan indra, ruang, dan waktu serta dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka.

Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi yang paling tua yang dimanfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang bekerja atas dasar prisip kerja mekanis. Kemudian lahir teknologi audio-visual yang menggabungkan penemuan mekanis dan elektronis untuk tujuan pengajaran. Teknologi yang muncul terakhir adalah teknologi mikro-prosesor yang melahirkan pemakaian komputer dan kegiatan interaktif (Seels & Richey,1994 dalam Arsyad, 2003:29). Selain computer, gawai juga menjadi pilihan sebagai media pembelajaran.

Di masa Pandemi Covid-19, media dan sumber pembelajaran jarak jauh secara daring dapat menggunakan gawai maupun laptop dengan memanfaatkan aplikasi video conference. Selain itu beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring, dapat dimanfaatkan, diantaranya: rumah belajar, TV edukasi, RuangGuru, Suara Edukasi, Video Pembelajaran dan sebagainya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap buu. Sukses selalu

29 Jul
Balas

Teruma kasih, Bu.

30 Jul

Keren infonya. Terima kadih sdh berbagi ya Bu

29 Jul
Balas

Sama-sama, Bu. Terima kasih kembali

30 Jul

Keren Bu ulasannya.

31 Jul
Balas

Siip, ulasannya, Bu. Salam sukses

29 Jul
Balas

Terima kasih, Bu.

30 Jul



search

New Post