Yetti Yulia

Yetti Yulia lahir di Bukittinggi, 7 Juli 1969. saya merupakan anak ke-4 dari pasangan bapak Bakri Yunus (alm) dan ibu Meiyar Usman (almh). Menempuh pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa Spion Kendaran Gunakan Cermin Cembung?

Mengapa Spion Kendaran Gunakan Cermin Cembung?

(Tantangan hari ke-35)

Mengapa Spion kendaran menggunakan cermin cembung? Spion biasanya dipasang pada bagian kanan dan kiri kendaraan. Spion kendaraan terbuat dari cermin positif (cembung). Apa kegunaan spion bagi kendaraan Kamu? Kenapa spion harus dibuat dari cermin cembung (cermin positif). Kenapa spion tidak menggunakan cermin cekung (cermin negatif). Mari kita simak penjelasannya.

Spion kendaraan merupakan salah satu penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Spion cermin cembung bertujuan agar pengguna aman dalam berkendaraan. Namun, spion tidak hanya ditemukan pada kendaraan saja, di setiap tikungan tajam jalan juga dipasang spion dengan ukuran besar.

Spion menjadi alat bantu penting pengendara atau pengemudi. Dengan bantuan spion, pengendara tidak perlu lagi menoleh ke belakang untuk melihat kendaraan lain. Alat ini dilengkapi cermin positif yang dilapisi amalgama perak dan dibentuk sedemikian rupa sehingga mempermudah pengguna kendaraan melihat benda lain di belakang saat memacu kendaraan.

Sifat bayangan yang dibentuk oleh sebuah cermin positif memiliki karakteristik yang dapat menyebarkan sinar, bayangan benda tegak, dan membentuk bayangan semu.

Bayangan yang dibentuk cermin cembung selalu semu. Posisi bayangan benda selalu berada di belakang cermin. Akibatnya, ketika benda jauh di belakang cermin, maka bayangan benda juga akan terlihat kecil. Sebaliknya, semakin dekat benda, maka semakin besar bayangannya terlihat pada cermin spion. Berdasarkan pembahasan di atas, maka pantas setiap kendaraan harus menggunakan spion cermin cembung agar bayangan kendaraan atau benda lain di belakang tidak terbalik. Dengan demikian, kamu akan aman dalam berkendaraan di jalan raya atau tempat keramaian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaaap buuu

24 Jul
Balas

Terima kasih, Bu.

24 Jul

Mantap bun.ilmunya sangat bermanfaat

24 Jul
Balas

Terima kasih, Bu.

24 Jul

Terima kasih bun telah berbagi.salam

24 Jul
Balas

Sama-sama, Bu.

25 Jul

Keren bun

24 Jul
Balas

Terima kasih, Bu.

25 Jul

Keren buk

26 Jul
Balas

Terima kasih, Pak.

27 Jul

Mantul

24 Jul
Balas

Makasih, Say.

24 Jul

Kuereeen...

24 Jul
Balas

Terima kasih, Pak.

24 Jul



search

New Post