Yetti Yulia

Yetti Yulia lahir di Bukittinggi, 7 Juli 1969. saya merupakan anak ke-4 dari pasangan bapak Bakri Yunus (alm) dan ibu Meiyar Usman (almh). Menempuh pe...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran Jarak Jauh

(Tantangan hari ke-21)

Pandemik Covid-19, sejak Maret sampai akhir tahun pelajaran yang lalu, memaksa guru dan siswa melakukan pembelajaran dari rumah. Seperti kita ketahui banyak kendala yang dihadapi guru maupun siswa dalam pembelajaran dari rumah selama ini. Dari hasil wawancara Widyaiswara LPPKSPS dengan berbagai komunitas pegiat Pendidikan di Jateng diketahui bahwa, guru terjebak dengan pemberian tugas tanpa melakukan pembahasan dan umpan balik terhadap tugas yang diberikan. Makna belajar dari rumah menjadi bias, karena tidak ada aturan yang jelas. Bahkan ada sebagian guru yang melakukan pekerjaan lain ketika melaksanakan pembelajaran dari rumah.

Memasuki tahun pelajaran 2020/2021, sekolah yang berada dalam zona kuning, orange, dan merah masih melaksanakan proses pembelajaran dari rumah. Sesuai dengan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam tentang petunjuk teknis belajar dari rumah dimasa pandemic Covid-19 salah satunya adalah tentang pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam jaringan. Surat edaran ini mengacu pada Surat Edaran Sesjen Kementrian Pendidikan Nasional. PJJ dalam jaringan adalah pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dengan menggunakan gawai/laptop/computer melalui beberapa aplikasi dan portal pembelajaran daring.

Untuk memperbaiki kelemahan PJJ tahun pelajaran yang lalu, SMP Negeri 3 Ampek Angkek berbenah diri, dengan meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan workshop peningkatan kompetensi IT dalam menyongsong pembelajaran daring. Melalui kegiatan ini guru-guru dapat membuat video pembelajaran yang menarik dan menggunakan beberapa aplikasi internet penunjang pembelajaran, termasuk aplikasi untuk melaksanakan evaluasi. Video pembelajaran dengan guru sebagai model, akan mengobati kerinduan siswa terhadap gurunya. Bagi siswa peran seorang guru tak akan tergantikan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen buk....

11 Jul
Balas

Iya ni, materinya keren

11 Jul

Benar bu, semoga covid ini cepat berlalu. guru bersemangat selalu

11 Jul
Balas

Aamiin...

11 Jul

Siip,Bu. Peran guru tak tergantikan.

11 Jul
Balas

Betul Bu. Guru adalah role model. IT dapat menghebatkan pengetahuan siswa, guru membentuk karakter siswa

11 Jul

Video pembelajaran dengan guru sebagai model, akan mengobati kerinduan siswa terhadap gurunya. Bagi siswa peran seorang guru tak akan tergantikan. benar sekali bu.

11 Jul
Balas

Betul Bu. Terima kasih.

11 Jul



search

New Post