Yeyen Afrika,S.Pd.I

Saya seorang guru Guru Kelas SD yang mengajar di Kabupaten Solok, saya berusaha untuk bisa juga menulis seperti guru-guru yang hebat dan seniorku...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjaga Silaturahmi (Menulis Hari Ke-97)

Menjaga Silaturahmi (Menulis Hari Ke-97)

Menjaga Silaturahmi

(Menulis Hari Ke-97)

Manusia merupakan makhluk sosial, yang di manapun dan kapanpun membutuhkan manusia yang lainnya untuk bisa saling membantu, saling menolong, mendukung, bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia. Oleh karena itu, di dalam Islam silaturahmi sangatlah penting. Dan haruslah dijaga silaturahmi antar sesama umat muslim.

Karena Islam merupakan salah satu agama yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik kepada siapapun itu. Dan dengan silaturahmi ini, merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan. Menjalin silaturahmi merupakan salah satu cara mewujudkan ukhuwah islamiyah dan dapat dilakukan dengan cara mengunjungi sanak saudara, dan keluarga.

Selain membuat orang lain yang kamu kunjungi merasa senang dan bahagia, silaturahmi juga memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Mengenai silaturahmi kita sama-sama telah mengetahui dari berbagai sumber tentang hikmah dan keutamaan silaturahmi yang perlu umat Islam ketahui dan agar bisa kita mengamalkannya dengan baik. Silaturahmi sering disebut dengan berkasih sayang atau menjalin kekerabatan pada istilah silaturahmi.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda bahwa, “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. (HR Bukhari).

Menyambung silaturahmi menurut hadist di atas juga termasuk ke dalam bagian dari ajaran agama Islam. Untuk itu Rasulullah memerintahkan agar umat islam menjaga dan menyambung kekerabatan khususnya bagi sesama muslim. Di hadist yang lain juga disebutkan bahwa,

“Tidak akan masuk surga orang yang memutus hubungan kekerabatan” (HR Bukhari dan Muslim).

Hal ini berarti sangat penting sekali untuk kita menjaga hubungan silaturahmi afar tetap baik dan dilakukan dan dengan itulah umat Islam bisa kuat dan saling menyokong satu sama lain. Jika tidak maka akan bercerai berai.

Salam Literasi

Solok, 4 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang mantap dan bermanfaat Bu.... Terima kasih. Semangat selalu. Barokallah

04 Oct
Balas

Mksih pak.... Aamiin

08 Oct

Mantap tulisan ukhuwahnya Bun.... salam santun

04 Oct
Balas

Mksih bu... slam bu...

08 Oct

Mantap yen...bermanfaat ..sukses sll yeyen

05 Oct
Balas

Mksih uni....Sukses jg buat uni

08 Oct



search

New Post