Yhanda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
UPDATE DARING AGAR TIDAK GARING ( H 200)

UPDATE DARING AGAR TIDAK GARING ( H 200)

Sekiranya dalam melewati Penerapan LFH (Learning From Home) kita diminta untuk mendorong partisipasi peserta didik untuk selalu aktif dalam proses belajar untuk mencapai impian masa depan yang telah menjadi target masa depan mereka. Ada Hal yang dapat kita lakukan untuk membantu proses Penerapan LFH (Learning From Home) Berjalan dengan baik selama proses belajar mengajar ini berlangsung diantaranya :

Pertama : Diawal pelaksanaan daring sampaikan tujuan pembelajaran yang jelas dan berbeda dari yang biasa dilakukan selama ini. Apapun itu jika dimulai dengan yang baik diharapkan akan menghasilkan yang baik pula. Peserta didik akan cenderung berpartisipasi aktif jika mereka memahami tujuan dari apa yang mereka lakukan. Mereka perlu tahu bahwa mereka akan belajar sesuatu yang bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dalam kesehariannya (relevan). Dengan demikian diharapkan setiap kali guru meminta mereka untuk melakukan proses belajar mengajar mereka akan melaksanakan dengan senang hati dan sukarela. Semua itu akan terjadi jika kita mampu menjelaskan tujuan materi yang guru ajarkan dan bagaimana kegiatan tersebut akan memberikan poin dan hasil penting untuk peserta didik. Kedua : Ajak peserta didik untuk berkomitmen tetap belajar dalam kondisi pandemi ini. Dalam menjalin komitmen diskusikan waktu yang nyaman buat mereka melaksanakan proses belajar mengajar serta dalam pengerjaan tugas yang ada. Selain itu tugas utama kita sebagai guru yang menanamkan konsep kepada peserta didik kita memberikan pemahaman proses pembelajaran yang menuntut kedisiplinan. Komitmen diharapkan dapat memberikan arah yang lebih konkret dalam memahami pelajaran dan ukuran yang lebih nyata terkait kemajuan peserta didik.Sampaikan Komitmen tetapi bukan aturan yang mengekang dan instan. Mintalah masukan kepada para peserta didik tentang apa yang sebaiknya dilakukan bersama demi pencapaian tujuan materi yang akan dipelajari. Ketika peserta didik menyetujui komitmen tersebut, diharapkan peserta didik lebih cenderung untuk mengikutinya karena mereka merasa bahwa kebutuhan dan kontribusi mereka dihargai. Ini adalah waktu yang luar biasa, jadi berikan sedikit fleksibilitas dan tidak serta-merta memberikan hukuman jika komitmen yang telah dibuat tidak diikuti dengan sempurna oleh peserta didik. Ajarlah mereka untuk berpendapat dan hargai inisiatif mereka Ketiga : Ajukan Pertanyaan yang Menarik dalam penyampaian materi yang kita ajarkan. Mungkin akan berbeda cara kita sebagai guru untuk menarik perhatian peserta didik untuk partisipasi dalam kelas daring kita. Karena hubungan emosional dapat tercipta dengan menariknya pertanyaan yang kita ajukan untuk membuat diskusi kelas menjadi hidup. Diharapkan pertanyaan yang dijawab lebih dari sekedar Ya atau Tidak, arahkan pertanyaan-pertanyaan menggerakkan peserta didik untuk menguraikan dan menjelaskan. Menghasilkan ide dan mampu merefleksi yang disampaikan oleh guru dalam kelas daring yang diajarkan. Tidak hanya itu Pertanyaan yang bagus dan menarik juga mampu menggerakkan peserta didik untuk menganalisis, menilai, menggali lebih dalam, dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang ada. Keempat :Berikan Beragam Kegiatan manfaatkan kecanggihan teknologi dalam setiap kegiatan pembelajaran. Kelas tidak harus selalu berupa sesi tanya jawab atau hanya pemberian materi dari guru kepada peserta didik. Tidak ada salahkan kita mencoba arahkan kegiatan seperti pemecahan masalah, studi kasus yang mereka temukan di lingkungan keseharian dalam masa pandemi covid 19 ini dan lainnya. Tetapi pastikan kegiatan ini mencapai tujuan pembelajaran, bukan hanya sekedar menambah kegiatan dan kesibukan saja. Kita juga dapat menggunakan berbagai aplikasi yang menarik sehingga peserta didik tidak jenuh dalam menerima transferan ilmu dari kita sebagai gurunya. Saat belajar online atau belajar daring ini daya visual anak akan sangat mudah kita rasuki. Buatlah media pembelajaran semenarik mungkin dan mudah di ingatanya. Apalagi sesuai dengan masa perkembangannya. Karena sesuatu yang mereka suka akan sangat mudah mereka ingat dan pahami sebagai seorang peserta didik yang membutuhkan variasi belajar. Kelima : Di akir kegiatan berikan evaluasi yang Membangun. Siapa yang tidak bangga ketika peserta didik kita mengalami kemajuan yang signifikan di dalam kelas, setiap mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Hargai setiap usaha mereka , berikan masing-masing dari mereka penilaian yang akan membantu mereka memahami dan melihat di mana posisi mereka, apakah yang mereka lakukan baik, dan apa yang mereka butuhkan untuk menjadi lebih baik. Sebaik mungkin secara secara santai dan menyenangkan kita lakukan evaluasi yang mampu memancing daya saing mereka. Seperti menggunakan aplikasi game edukasi yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita dan dibuat semenarik mungkin Beberapa hal di atas sekiranya dapat kita coba untuk meningkatkan partisipasi peserta didik kita dalam mensukseskan himbauan pemerintah untuk Stay At Home dan kita sebagai guru wajib mensukseskan Penerapan LFH (Learning From Home) . Jalin komunikasi yang efektif dengan peserta didik kita. Ciptakan metode belajar yang menarik . Tekankan kepada mereka dalam situasi apapun, jangan pernah hilang harapan. Jika tidak bisa melakukan hal hal besar. Lakukanlah hal hal yang kecil dengan dengan cara hebat. Belajarlah semaksimal mungkin tanpa harus menunggu waktu.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post