Yona Evasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rankaian Pemgembangan Kue Bolu Ikan Berbasis Kearifan Lokal dalam pembelajaran
Rankiang KBI berbasis kearifan lokal

Rankaian Pemgembangan Kue Bolu Ikan Berbasis Kearifan Lokal dalam pembelajaran

Rangkiang merupakan salah satu bentuk atau ciri khas dari Ranah Minang. Namun kali ini penulis ingin mengangkat rangkiang disini sebagai salah satu bentu rangkaian pengembangan dari suatu budaya yang ada di daerah lintau. Khusunya lubuk jantan dan batu bulek yakni Kue Bolu Ikan. Dalam hal ini rangakaian pengembangan kue bolu ikan ini menjadi salah satu projek kami bersama siswa disekolah sebagai salah satu bentuk usaha rintisan dalam meningkatkan kreatifitas siswa juga dalam mengembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa

Rangkaian pemgembangan ini sengaja kami angkat dalam kegiatan kolaborasi guru pemimpin karena menjadi topik yang sangat menarik bagi siswa. Karena rangkiang menjadi salah satu ikon bagi Ranah Minang. Selain itu KBI atau Kue Bolu Ikan ini makanan yang sanagat unik serta menarik bentuk serta rasanya. Apalagi KBI atau yang disebut dengan kue bolu ikan ini salah satu makanan yang menjadi wajib atau penting dalam upacara adat di Minang Kabau. Jika belum ada kue bolu ikan ini dalam makanan belum lengkap hantaran tersebit.

Selaian itu kue bolu ikan ini adalah suatu makanan yang tergolong mudah untuk dibuat namun tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal. Kerena alat yang digunakan dalam pembuatan ini juga sangat mudah didapatkan. Selain itu, Mudah, efektif serta sangat efisien dan tidak ada modal tinggi jika ingin membuat usaha ini.

Adapun alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan ini teridiri dari alat untuk memanggang dan adonan untuk menjadikan kue itu selesai.

Alat untuk memanggang yang diperlukan adalah.

1. Periuk tanah atau yang kami sebut ponai

2. Seng untuk meletaka api pembakarnya

3. Sabut kelapa atau kulit kelapa

4. Kompor

5. Cetakan kue ikan

6. Pasir

Alat untuk membuat adonan nya adalah

1. Telur

2. Tepung terigu

3. Gula

4. Panci adonan

5. Pengocok telur atau juga boleh mixer

6. Sendok untuk mengaduk adonan

7. Spatula untuk mebersihkan adonan

8. Piring

Cara membuatnya..

Sebelum kita mengaduk atau membuat adonanya kue nya..kita harus panaskan terlebih dahulu cetakan kue tersebut...dalam ponai yang sudah di isi pasir dan diletakan di atas kompor dan ditutupi seng agar panasnya pull. Sambil itu kita buat adonan dengan mengembangkan telur. Dengan takaran untuk 5 buah telur kita meberikan gula seper empat kilo gram gula. Kita kembangkan telur hingga benar benar kembang...jika telur sudah kembang dan cetakan juga sudah panas... baru kita buat adonan dengan membagi adonan sedikit sedikit kedalam panci kecil dan mengaduknya dengan meberikan tepung secukupnya agar adonan tidak terlalu padat dan juga tidak terlalu lembek...

Jika adonan sudah siap untuk di cetak..sedangkan cetakan juga sudah panas..kita buat api pembakar di atas cetakan tersebut dengan membakar kulit kelapa di atasnya..tujuanya agar panas dari kompor dibawah juga sama dengan panasnya pembaran sabut atau kulit kelapa diatas agar adonan yang ada di dalam cetakan matang maksimal.

Jika adonan sudah dimasukan pada cetakan. Dan diletakan api pembakar diatas ponai. Kita tunggu sebentar sampai matang..jika sudah matang adonan siap untuk diangkat dan disajikan pada piring saji..

Begitulah proses pembuatan kue bolu ikan tersebut...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post