YONNEDI.M. S.Ag,.M.Pd

Yonnedi. M, lahir di Atar 17 Agustus 1975, sekolah dasar di kampung kelahirannya di atar kecamatan padang ganting kabupaten tanah datar sumbar. setelah sekolah ...

Selengkapnya
Navigasi Web

KEDUNGUAN

Kata kata dungu adalah sangat menyakiti jika dikatakan kepada seseorang. walaupun dalam kata candaan dan sapaan biasa saja. namun berbeda dengan sekarang kat akta dungu tersebut sudah biasa saj diberikan kepada seseorang bahkan kepada orang yang pintar biasa juga dikata dungu dalam satu perkara, penulis teringat seorang yang ahli dalam partai bahkan dia yang nomor satu di tingkat propinsi dalam artian dia orang yang hebat dalam partai tersebut, dengan enak saja seorang yang mengatakan kamu dungu dalam hal ini walupun kamu hebat dalam partai. kedunguan mu itu terlihat dalam pembicraan karena pembicaraan kamu itu tidak sesui dengan kenyataan karena mebela partai yang salah dan menegakkan kebenaran partai yang kamu dukung, sebaiknya kita bicara sesui dengan pakta dan dengan kecerdasan bukan dengan terbawah oleh kedunguan kita dalam berfikir untuk menghalalkan semua cara. kata dungu dalam persoalan ini mungkin baisa saja kita dengar walaupun kata dungu tersebit menyakiti hati kita. jiak ada seorang bicara didepan kita denagn mendengar pembicaraan kita dan mereka langsung memotong pembicaraan kita dengan kata kata kamu dungu bagaimana kah oerasaan kita? boleh jadi kita sangat tersinggung dan boleh jadi kita terseyum saja dan boleh jadi kiat memikirkan apakah kita dungu. seanadainya tiba kata kata dungu kepada didriita sendiri dalam waktu orang yang tbelum kita ketahuilangsung memotong pembicaraan kita kamu dungu gimana perasan kita, jika orang mengatakan kepada kita mungkin kita menjawab balas juga dengan dungu tau apa yang tidak kamu suakai dengan saya atua apa kekkiurangan saya atau mau berhantam kita? atau mungkin kita mengatakan langsung kata kata kasar hai kenapa kamu mengatakan saya dungu langsung dipegang lehernya bahkan kalau perlu ditinju bahu atau kepalanya, begitunkemarahan kita jika dikatakan kita dungu oleh orang.

Dunia hari ini kata kata dungu sudah bebas dikatakan dimana saja bahkan dalam dunia pendidikkan sudah banyak jugha guru mengatakan kedunguan ini secara bersama sama kepad muridnya jika muridnya bersalah. sebagai contoh searang guru mengatakan kepoada anak didiknay kok kamu dungu dalam pebelajaran ini atau kamu dungu ya kk ndak faham juga walaupun dalam bercanda, sebaiknya seotrang pendidik tidak mengtakan kayta kata dungu kepada muridnya. karena sudah mengatakan kata kata dungu kepada anak sering juga anak didik mengtakan kata kata dunguntersebut keoad gurunya. sebagia contoh jiak guru itu tidak ada maka dia ada mengatakan guru tu dungu. apakah dengan kata kata dungu itu sudah biasa saja di dalam dunia saat ibi padahal kata dungu tersebut sanagt menyakitkan. dungu bersaa dari orang yang tidak faham dengan sesuatu tapi dia bicara sesuatu itu. dalamkamus bahasa indonesia mengatakan dungunersebut orabg BODOH, apakah kata bodoh ituntidak menyakitkan. orang bodoh adalah orang yang tidak tau dengan sesuatu atau orang bodoh itu orang yang todak ada ilmu tapikenapa dia bidsa bicara, namun kenapa orang saat sekarang bisa mengatakan dungu kepada orang yang punya ilmu lain dia faham menurut penulis kata kata dungun tidak biasa diakatakn kepada semua orang cukupplah kepada orang yang gila tau bodoh segala galanya. kita lihat juga orang yang mengatakan dungunkepad oranglain tidakmsembarangan juga bolehnkita cek dalm siaran teeviasi atau acara acara debat partai dan lainnya banyakmdsekali orang yang mengtakan dungun tersebut adalahorang oarang pintar. kamu dungu kamu sakit kamu gila kamu bodoh kamu tidak berotak kamu oarng tiadak berpengetahuan kamu orang tidak ada apap apanya dan lain sebagianya, namun kata kata diungu sudah populer dan baiasa saja. coba kiat tanyakan kepada diri kiata sendiri apakah kiat tersinggung oleh oarang jaika kiat dikatakan dengan dunguntersebut? mohon maaf jikamkita tidaka sakit hati atauntidak ada reaksi mungkin benar kita dungu sekurang kurangnya dhal yang kita katakan tentang sesuatu itu. jikamkita marahn bolehn jadi kita adalah orang yang menentang kebodohan kita sendiri daam hal ini adalah harga diri dan nkehormatan kita seorang yang intelektual.n yang kita saksiakn sekarang banyak yang dikatakan dungu keoada oang yang berilmu namun tidaka da reaksi maka kita dapat mengambil keseimpula bahwa dia setidsknya dia adalahndungu dalam apa yang dia bicarakan.

kita bicara lihat lah siapa yang kita bicaralan an dimana kita bicara maka bolehlah kita memakai petatah lebih baik diam dari bicara sebab diam tersebuta adalah emas dan biuacara tersebut adalah perak, kata orang minang lihat kiri dan kana maka ada diming tersebut kata mendaki kata menurun kata mendatar dan kata sapaan. mendaki lihat orang yang besar baik dari sehim ilmu atau dari segi jabatan atau dari segi umur juga kata menurun baik dari segim ilmu dari segi jabatan dari segi umur dan mendatar juga sam sama ilmu sama umurnya dan sama panghkatnya. orangb tua tapi ilmunya kurang atau orangb yang tua dia tidak punya jabatan namun orang minag tetapmemakai meghargaimorang tua buakan karena ilmunya saja tapi karena orang tuanya. sekasramng ininyang hialng kita melihat pembicraan di kantor sja tidakada lagi aman yang pejabat mana yang bawahan mana yang anak bua dan mana yang karyawan. banyak kiata temui atassn nya di perolok olokkan saja ada juga bawahan yang sangat berani bebar keatasan sehiungga tidak menimbang oerasaan atasanmyang lebih parah lagi adalah yang memewrintahkan atasan atau mempermalukan atasanya. inimgtidsk bisa kita salahkan satu fihak saja yang jelas pastimyang atasan yang bersalah maksudnya kok bisa bawahannya semena mena saja. apakah dia tidak punay wibawa atauntidak punya harga diri atau sering bercamda saja atau seru g berolok olok dalam artian keputusannya tidaka da yang jitu. seorang pejabat haruds berwibawah dan tgegas ada waktu bermain ada waktu bercanda ada waktu yang tidak bais ditawar tawr oleh siapa saaj.pertanyaan apakah para pejabat hari ini banyak yang asal asalan saj atau banyak bergoyang saj yang pentng dia menjdai pejabat atau atasan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post