Yoga Nur Budianto, S.Pd.

Guru Kimia yang senang menulis. Contact me at [email protected]...

Selengkapnya
Navigasi Web

Man of Steel

Dulu, hal yang paling saya takutkan selain ketinggian adalah pertanyaan, "Apa pekerjaan ayahmu?". Dari kecil saya selalu menghindar. Siapapun yang bertanya pasti saya mengelak. Pernah saya bertanya pada mama, "Ma? Sebenarnya, pekerjaan ayah itu apa sih?" mama bilang, "Wiraswasta". Awalnya saya bingung, tapi makin ke sini saya mulai paham apa maksud mama. Beberapa tahun berlalupun, saat saya mengenyam bangku SMA. Pertanyaan 'itu' masih menghantui. Jawabanku masih sama. 'Wiraswasta'. Sampai tiba saat saya melihat ayah berkerja.

Ternyata selama ini saya sering lupa, betapa luar biasanya keluarga saya. Betapa hebatnya ayah. Beliau mencari nafkah untuk keluarga kami siang-malam tanpa henti. Tak pernah sekalipun saya mendengar ayah mengeluh kepada keluarganya, kepada saya khususnya sebagai anak laki-laki paling besar. Sesekali pernah saya pergoki ayah bersimpuh dalam tangis meminta ampunan untuk anak dan istrinya. Saya tahu ayah tidak pernah meminta untuk hidup seperti ini, namun daripada disesali lebih baik dijalani bukan? Selama ini, ayah tak pernah membebani saya dengan apa pun, ia selalu bilang, "Fokuslah nak pada sekolahmu, biar ini jadi tanggung jawab Ayah, kau tak perlu resah". Saya hanya bisa mengangguk. Sedih.

Sering saya lupa, betapa luar biasanya keluarga ini. Diberkahi Ayah yang kuat dan Ibu yang sabar. Di luar sana mungkin masih ada anak yang sudah tak punya ayah, bahkan ada yang tidak sempat mengenal ayahnya. Sedangkan saya? Merasa malu memiliki ayah yang bekerja secara halal demi menghidupi anak-istrinya. Hina! Betapa jahatnya saya. Mengakui apa pekerjaan ayah saja saya tak mampu. Semenjak saat itu saya tidak pernah lagi menjawab pekerjaan ayahku wiraswasta. Jika ada yang bertanya apa pekerjaan ayah, maka saya jawab dengan bangga bahwa ayah adalah seorang 'Tukang ojek'.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terharu bacanya Pak...terus sayangi ayah dan bangga padanya walaupum apa pekerjaannya. Salam kenal dan salam literasi Pak Yoga.

19 Aug
Balas

Sama-sama Bu, iya selagi masih ada :). Salam Literasi

19 Aug
Balas



search

New Post