Yoyo suharti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Serunya Pemadam Kebakaran

Serunya Pemadam Kebakaran

Beberapa bulan lalu sekolah tempat saya mengajar mendatangkan pemadam kebakaran ke sekolah kami. Adapun kegiatan ini diharapkan dapat mengenal bermacam profesi , anak mengetahui bahaya api dan penangannya, juga menghargai jasa bapak pemadam kebakaran. Selain itu mengenal profesi pemadam kebakaran secara langsung dan nyata , bukan hanya melalui gambar. Dengan mendatangkan mobil pemadam kebakaran anak dapat melihat bentuk kendaraan pemadam kebakaran, baju yang dipakai ketika bertugas, dan juga alat- alat apa saja yang digunakan untuk memadamkan kebakaran. Beberapa hari sebelumnya saya menceritakan kepada anak-anak tentang segala yang berhubungan dengan pemadam kebakaran. Anak tampak tertarik dengan apa yang saya ceritakan. Berbagai celoteh seperti tak habis keluar dari mulut anak didik saya. Sampai pada hari yang ditunggu anak- anak tak sabar menunggu hadirnya mobil pemadam kebakaran. Tidak lama kemudian mobil pemadam berwarna merah itu masuk kehalaman sekolah kami yang luas. Semua anak bersorak senang. Saya pun meminta anak untuk melihat mobil pemadam itu dengan tertib. Semua anak membuat lingkaran untuk menyaksikan bapak pemadam bercerita tentang tugasnya. Semua anak melihat dengan takjub ketika bapak pemadam memakai baju pemadam, mengeluarkan topi, dan alat-alat yang digunakan ketika memadamkan api. Bapak pemadam mendemontrasikan bagaimana cara menggunakan alat-alat itu secara sederhana, misalnya cara menyiramkan air ke api dengan selang, atau dengan kain basah. Hal unik anak- anak bertepuk tangan dan berteriak kesenangan. Pembelajaran tentang kebakaran sangat penting mengingat bahaya bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bapak pemadam juga menjelaskan sebab -sebab dari kebakaran, dan meminta anak untuk berhati- hati dan menghindari bahaya api. Pak pemadam memberi kesempatan pada semua anak untuk mencoba memakai baju pemadam, anak - anak berebut ingin memakai baju merah itu. Kerenn sekali..anak bangga memakai baju itu. Tidak hanya itu, pak pemadam juga membawa anak untuk menaiki mobil pemadam secara bergantian. Anak-anak antri menaiki mobil pemadam, duduk sejenak didalam mobil pemadam, dan turun dibantu pak pemadam. Terakhir, pak pemadam membuka selang besar yang berisi air , air yang keluar dari selang itu begitu besar, beberapa anak ikut berlarian dan main air, melompat-lompat penuh kegembiraan. Saya pun ikut larut dalam kebahagiaan yang anak-anak rasakan. Selesai kegiatan, anak yang bermain air dari selang pemadam mengganti baju yang basah dengan baju bersih yang sudah dibawakan oleh orangtuanya masing-masing. Kegiatan yang menggembirakan , tapi pendidik tetap harus berhati-hati , selesai kegiatan air dimana-mana, bahkan disekitar mainan anak. Ada beberapa anak yang masih terus bermain, walaupun dengan pengawasan pendidik dan orangtua, seperti mainan papan luncur misalnya, ketika terkena air yang cukup banyak, dan kondisi baju anak yang basah bisa membahayakan karena papan luncur itu menjadi licin. Kebanyakan anak bercita-cita menjadi pilot, dokter, polisi bahkan astronot, jarang bahkan tidak ada yang bercita-cita menjadi seorang pemadam kebakaran. Dengan melihat langsung profesi ini anak akan mengetahui keberadaan bapak- bapak yang bekerja sebagai pemadam kebakaran yang berjasa untuk kepentingan masyarakat banyak. Bahagia melihat anak pulang dengan membawa cerita seru, dan itu menambah wawasan, pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post