Yuda Amelia Winta, S. Pd

Seorang tenaga pengajar Fisika di SMA N 1 Gunung Talang Kab. Solok Sumatera Barat, ibu dari 3 orang putri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bijaksana (TM Ke-236)

Bijaksana (TM Ke-236)

Bijaksana … kata-kata yang terdengar sederhana tetapi sangat sulit untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Sangat sulit untuk menemukan seseorang yang bersikap bijaksana dalam menyikapi suatu persoalan.

            Menurut KBBI, bijaksana mempunyai arti pandai dan hati-hati (cermat, teliti dan sebagainya) apabila menghadapi kesulitan dan sebagainya. Bijaksana bisa juga diartikan selalu menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuannya).

            Banyak orang berpikir bahwa kebijaksanaan hanya diperoleh di usia senja, setelah menerima pengertahuan dan pengalaman. Namun dalam kehidupan nyata, tidak semua orang lanjut usia adalah orang yang bijaksana. Hal ini membuktikan bahwa pengalaman dan usia bukan satu-satunya sumber kebijaksanaan.

            Menurut saya, untuk berbuat bijaksana memang agak susah. Namun pengalaman dan permasalahan yang sering kita hadapi akan melatih kita menuju menjadi bijak. Kita bisa belajar melalui karakter-karakter orang atau teman yang dianggap agak bijak. Selanjutnya dengan menerapkan karakter bijaksana dalam kehidupan sehari-hari niscaya hidup kita akan lebih bermakna dan penuh arti.

//

Solok, 18 September 2021

Gambar : diambil dari google

Tantangan menulis hari ke-236, tulisan ke-420

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post