Yudi Aryanto

Adrianus Yudi Aryanto lahir di Baturaja, 15 Januari 1969. Saat ini tinggal di Kota Bandung. Lulusan Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI jurusan Bahasa dan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Meneroka makna puisi melalui parafrasa
Ilustrasi: MediaGuru

Meneroka makna puisi melalui parafrasa

Judul : Meneroka Makna Puisi Melalui Parafrasa

Jenis Buku : NONFIKSI

Penulis : Adrianus Yudi Aryanto

Instansi : SMP Santo Aloysius 2 Bandung

Kelas : Resolusi Editor

Editor : Intan Erlina Sari

Sinopsis :

Parafrasa merupakan penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi (KBBI V Online).

Dalam pembelajaran puisi, parafrasa memiliki peran penting. Selain mengajarkan siswa mengapresiasi puisi, kegiatan parafrasa dari bentuk puisi ke prosa dapat mengembangkan olah rasa keindahan dalam diri siswa terhadap karya sastra (puisi) yang dibacanya.

Beberapa kiat melakukan parafrasa puisi menjadi prosa disajikan lengkap dalam buku ini. Buku ini layak menjadi sumber rujukan dalam pengajaran puisi dan khazanah bagi peminat karya sastra.

***

KATA PENGANTAR

Mempelajari bahasa Indonesia itu tidak mudah. Maka, tidaklah mengherankan apabila sebenarnya bahasa Indonesia jarang menjadi pelajaran favorit bagi sebagian siswa. Tidak mengenakkan memang, tapi inilah faktanya.

Sebuah revolusi tidak melulu bicara soal politik. Revolusi yang tepat mestinya menyeluruh ke dimensi-dimensi yang masuk dalam sendi kehidupan. Tak terkecuali persoalan pendidikan di republik ini.

Maka, sesungguhnya saya setuju bahwa agar pelajaran bahasa Indonesia dapat diterima secara sadar dan menyenangkan, harus ada revolusi. Apa itu? Tentu saja kreativitas.

Tanpa kreativitas, pelajaran bahasa Indonesia tidak lebih seperti lantunan lagu yang diputar berulang-ulang dan berjam-jam. Akan membosankan.

Karena itu, kualitas dan kompetensi guru bahasa Indonesia sejatinya dipertaruhkan. Apakah ia mengajar hanya untuk menggugurkan tugasnya sebagai guru ataukah ia berani memainkan kreativitasnya agar sebuah materi menjadi lebih ramah dan membumi.

Sungguh, saya benar-benar dibuat kaget oleh buku ”Meneroka Makna Puisi Melalui Parafrasa” karya Adrianus Yudi Aryanto ini. Lebih tepatnya sangat kagum.

Secara tidak langsung, buku ini bisa dikatakan three in one. Lengkap sekali. Siswa diberi materi dengan suguhan yang mudah dan sederhana. Kemudian mereka diajak belajar sembari bermain dengan kreativitas yang ada. Ujungnya, secara tidak langsung mereka dibekali keterampilan paling tinggi dalam berbahasa: menulis.

Gila! Ini buku serius yang dikemas begitu indah dan sangat ramah kepada pembaca sasarannya, yaitu siswa. Bahkan, ketika dibaca oleh sesama guru sekalipun, buku ini tampil padu tanpa menggarami lautan. Mengagumkan!

Eko Prasetyo

Pemimpin Redaksi MediaGuru

Pastikan Anda memiliki buku ini. Segera hubungi saya di nomor ini: 087839037499

DATA PERPUSTAKAAN NASIONAL
Judul
Meneroka makna puisi melalui parafrasa
Penerbit
CV Pustaka Mediaguru
Pengarang
Adrianus Yudi Aryanto ; editor, Intan Erlina Sari
Tahun
2022
Seri
ISBN
978-623-383-347-9
Website
www.mediaguru.id
Info Pembelian Via Whatsapp
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa bukunya keren

25 Feb
Balas

Terima kasih, Bu. Salam sehat selalu.

27 Feb

Bukunya keren luar biasa

09 Mar
Balas

Moga makin sukses ....

28 Feb
Balas

Aamiin. Doa yang sama untuk Ibu juga. Salam sehat selalu.

28 Feb

Mantap sekali bukunya. Selamat pak Yudi Aryanto. Semoga menjadi Best seller bukunya. Aamiin. Salam kenal pak Yudi. Saya berminat memiliki buku ini.

13 Mar
Balas

Amiin., Bu. Silakan hubungi saya di nomor 087839037499, langsung klik tautan di atas, ya.

16 Mar

Selamat untuk karya buku terbaru. Membaca sinopsis dan kata pengantar dari Pak Eko Prasetyo terbayang bukunya keren banget. Sukses selalu Pak Yudi

27 Feb
Balas

Terima kasih, Bu. Salam sehat selalu.Apa kabar Ibu? Tetap semangat dalam berkarya, ya. Sukses selalu.

27 Feb

pasti bukunya keren nih

08 Mar
Balas

Mau pesan, Bu? Sudah ready. Silakan japri, ya. Ditunggu. Terima kasih.

09 Mar

Pastinya bukunya keren menewen pak Yudi, selamat atas prestasi yang didapatkan, semoga sukses dan sehat selalu bersama keluarga tercinta

06 Mar
Balas

Aamiin. Doa yang sama untuk Ibu sekeluarga. Bila ingin pesan silakan japri, ya Bu. Terima kasih. Salam sehat selalu.

09 Mar

Buku yang sangat mendidik dan menginspirasi

22 Mar
Balas

Buku yang sangat mendidik dan menginspirasi

22 Mar
Balas



search

New Post