yudiheriyadi

Sy dulcu senang membaca, semua sy baca. Lambat laun, mulai suka menulis. Meski kuliah di Teknik Sipil, photography adalah hobby lain disamping adventure ke alam...

Selengkapnya
Navigasi Web

NEW NORMAL

Padanan kata yg seolah memberi harapan. Harapan dimana kita bisa melewati semua ini bersama. Pandemi yang telah meluluh lantahkan semua tatanan kehidupan dua bulan ini. Sekarang mulai dibuka lebaran baru dengan beberapa ketentuan yang ketat. terutama dalam protokol kesehatan.

Pandemi memang sangat buruk, tapi setidaknya mengajarkan kita beberapa cara hidup yang lebih baik. Misal, selalu menjaga kebersihan dan turut pada aturan Pemerintah. Semua demi kebaikan kita sendiri. Dan hal ini pula yang mungkin memperkecil kita tertular dari virus corona disampin sosial distancing dan ketentuan2 lain.

Namun dengan masyarakat Indonesia yg heterogen tentu hal ini bukan perkara mudah. Pergerakan orang yang biasa terjadi menjelang dan sesudah Idul Fitri adalah budaya. Mudik adalah kewajiban ditahun sebelumnya dan pulang kampung adalah wajib. Tapi karena pandemi, kita pun wajib mematuhi aturan yang ada. Bahkan pemerintah sudah melengkapi dengan sanki-sanki jika da masyarakat yang masih saja berulah. Bertindak semaunya dan membahayakan diri sendiri serta orang lain.

New Normal memang belum bisa dilakukan serentak, setidaknya ada 4 Provinsi dan 25 kabupaten sebagai pilot project pemerintah dalam melaksanakan aturan sesuai Protokol Kesehatan yang coba akan diterapkan. Kita mungkin bertanya, bagaimana jika semua tidak berhasil? Tentu ada kosekuensi logis dan penerapan peraturan yang lebih ketat.

Bagaimana dengan dunia Pendidikan? Tentu hal ini akan sedikit rumit, bagaimana memabgi dan menjaga jarak atar murid, antar guru. Mungkin secara teoritis akan mudah, tapi secara pelaksanaan dan mengingat dunia anak, sebagian waktunya adalah dunia bermain. Dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam hal ini.

Juga akan merubah sistem kurikulum dari tahun sebelumnya, karena sistem belajar dirumah yang coba dijalani tidak semua daerah bisa efektif. terutama untuk daerah2 yang tertinggal dan tanpa jangkauan provider GSM. Belum lagi pembagian jam mengajar buat para Guru. Dan banyak hal. Dunia pendidikan akan berubah dengan wajah baru.

Semua tergantung kerja sama kita bersama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post