Yulia Dwi Hastuti

Lahir di Rembang, menempuh pendidikan SD, SMP dan SMA di Rembang, melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi kota gudeg Yogyakarta, mengajar IPA di SMP Negeri...

Selengkapnya
Navigasi Web
RUWAHAN DI MASJID

RUWAHAN DI MASJID

Tantangan hari ke-265

# Menulis 365 hari

#Gurusiana

#CERPEN 13

#

Ruwahan merupakan tradisi orang jawa di bulan ruwah. Biasanya orang membuat makanan di berikan ke tetangga dan keluarga dan mohon didoakan leluhur atau keluarga yang sudah meninggal. Akan tetapi di wilayah perumahanku diadakan di masjid. Setiap orang memberikan 2 dus nasi dan snack dan dikumpulkan di masjid. Snack yang biasa ada adalah pisang raja dan apem tidak pernah ketinggalan bersama nasi dan lauk pauknya

#

Kebetulan Ibuku membuat nasi gudheg yogya dan snacknya pisang raja, apem, cake dan roti pisang coklat. Ibu juga menerima order dari tetangga yang biasa pesan ke Ibu. Sekalian Ibu juga buat ruwahan buat kenalan dan saudara terdekat.

#

Pagi hari aku sudah membuat apem. Setelah itu mengambil selada hidroponik sebagai garnis yang dipakai untuk berkat ruwahan. Lalu membantu menata snack dalam dus serta packing dus ke tas. Selanjutnya menunggu tetangga yang pesan mengambil orderannya. Dan setelah selesai semua, aku mengantar empat dus ke masjid perumahan.

#

Acara yang berlangsung diawali dengan pembacaan nama-nama keluarga yang mengirim doa. Setelah itu sholat ashar berjamaah dilanjutkan pembacaan tahlil. Lalu acara pengajian diisi oleh KH. Adib pengasuh ponpes Raudlotut Tholibin Rembang. Acara ditutup dengan doa penutup dan setiap orang yang pulang membawa satu dus makanan. Semua yang hadir di masjid tetap prokes, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Alhamdulillah acara pengajian di bulah Ruwah sudah selesai dengan lancar dan semoga mendapat ridho Allah SWT. Aamien.

#

Rembang, 28 Maret 2021

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post