Yuliana Dwi Kartika

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentol Gipek Khas Ambunten

Pentol Gipek Khas Ambunten

Siswa-siswa di sekolah saya menyebut makanan ini dengan nama pentol gipek. Pentol gipek merupakan makanan yang berasal dari Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep Madura. Seperti pentol pada umumnya, bahan dasar pembuatnya adalah tepung tapioka dengan tambahan bawang putih, bawang daun, telur, penyedap, dan ikan laut. Yang membedakan adalah proses setelah pentol itu matang, kemudian dijapit dengan sebuah alat seperti alat pembuat krupuk gambir dan dimasak di atas kompor hingga sedikit kering.

Pentol Gipek ini dinikmati dengan sambal yang juga terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan air, daun bawang, dan cabe. Karena wujudnya yang berlendir sehingga warga daerah setempat menyebutnya cenge merok (merok dalam bahasa Indonesia adalah ingus). Meskipun wujudnya seperti ingus, namun tetap saja mereka menikmati makanan tersebut karena pada kenyataannya makanan ini memang enak. Penasaran dengan rasanya? Yuk, mampir ke daerah kami daerah pesisir pantai utara Madura. Dijamin mantul. Mantap betul.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post