YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aktivitas Pertama P5 Bangunlah Jiwa dan Raganya

Aktivitas Pertama P5 Bangunlah Jiwa dan Raganya

#tagur365, hari ke- 016

tulisan ke- 377

Setelah dibuka secara resmi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) oleh ibu kepala sekolah, kegiatan dilanjutkan dengan ativitas ke-1 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema : Bangunlah Jiwa dan Raganya.

Topik: Well- Being by No Bullying (Hidup Sejahtera, Aman Tanpa Bullying)

Aktivitas 1 membahas tentang kesejahteraan diri.

Rincian kegiatan ;

Mengenal apa itu kesejahteraan diri:

Peran pendidik: narasumber dan fasilitator

Materi/media. slide presentasti

Persiapan:

1. Mempersiapkan materi mengenai kesejahteraan diri siswa serta cakupannya.

2. Mempelajari setiap kegiatan yang akan dilaksanakan pada tema ini dan dapat menjelaskan kepada siswa.

3. Membuat presentasi mengenai kesejahteraan diri siswa dengan mencakup kesehatan mental dan fisik.

Pelaksanaan:

Kita memulai perkenalan dengan menanyakan beberapa pertanyaan pemantik:

a. Apakah kamu senang belajar dan berada di sekolah?

b. Apa yang membuatmu senang?

c. Apa yang membuatmu tidak senang?

d. Sebutkan hal-hal yang membuatmu senang ketika bertemu dengan teman-teman?

e. Kegiatan sekolah apa yang paling kamu sukai?

f. Kegiatan sekolah apa yang tidak kamu sukai?

g. Bagaimana pendapatmu tentang teman-teman yang suka mengejek orang lain?

Semua siswa menuliskan jawaban tersebut di selembar kertas dengan bervariasi penyajiannya.

Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (4-5 peserta didik/kelompok) untuk berdiskusi mengenai hasil pemikiran mereka.

Pendidik menyebutkan ciri-ciri kesejahteraan seseorang:

sikap dan emosi yang positif, konsep diri akademik yang positif, menikmati kegiatan sekolah, tidak kuatir tentang sekolah, tidak ada keluhan-keluhan fisik di sekolah. Pendidik bertanya "Sejauh ini, apakah kamu sudah merasa 'sejahtera'?

Siswa secara bergantian membagikan hasil diskusi mereka dan menjawab.

Pendidik memperkenalkan tema dan tujuan dari projek ini serta menjelaskan relevansi tema ini terhadap kegiatan belajar mereka.

Tugas

Siswa melakukan riset secara mandiri mengenai kesejahteraan diri (faktor-faktor dan dampaknya terhadap kehidupan sekolah) dan mempresentasikannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget ulasannya Bunda. Semoga sehat selalu

17 Jan
Balas



search

New Post