YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

#tagur365 hari ke-004

tulisan ke- 365

PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

Pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosiaonal agar dapar:

1. Memahami, menghayati, dan mengelola emosi (kesadaran diri)

2. Menetapkan dan mencapai tujuan positif (Manajemen diri)

3. Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (Kesadaran sosial)

4. Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (ketrampilan membangun relasi)

5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab (Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab)

KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL

Kompetensi yang berhubungan dengan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap mengenai aspek sosial dan emosional, yaitu:

*Kesadaran diri,

* manajemen diri,

*kesadaran sosial,

*ketrampilan berelasi dan

*pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

RANCANGAN PEMBELAJARAN:

KEGIATAN AWAL

Menerapkan kegiatan pembukaan yang hangat;

* Menyambut setiap murid dengan sapaan hangat tentang kabar dan keadaannya sekarang.

* Memberikan waktu untuk murid saling menyapa dengan teman sekelasnya.

* Guru mendata hal menarik yang dialami murid serta kesulitan yang dialaminya.

* Mengajak murid menuliskan pengalamannya tentang nilai-nilai Pancasila dalam jurnal atau buku tulis

KEGIATAN INTI

* Murid mengamati gambar( infografis) dan video tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

* Murid diminta untuk mengidentifikasi perasaan ( ekspresi wajah) dari video / gambar yang telah diamati.

* Memberikan penguatan terhadap hasil tanya jawab murid.

* Murid membuat produk tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, melalui berbagai cara berdasarkan minat murid.

( gambar /infografis/ diagram prayers, lagu, video)

* Murid diminta berterima kasih kepada orang lain yang telah membantunya menyelesaikan pekerjaan.

KEGIATAN PENUTUP

Memberikan apresiasi atas usaha murid selama kegiatan dan aktivitas yang dilakukan.

Menyampaikan umpan balik satu hal yang menarik dengan satu kata serta apa yang akan mereka praktekkan setelah kembali ke rumahnya.

Guru menutup sesuai prosedur rutin.

PENILAIAN

Sikap: pengamatan terhadap kegiatan yang dilakukan.

Pengetahuan: nilai - nilai Pancasila yang sering dilaksanakannya.

Ketrampilan: membuat gambar/infografis/diagram prayers/lagu/video.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post