YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mulai dari Diri - modul 1.3 Visi Guru Penggerak

#tagur365, hari ke-011

#tulisan ke-372

Dalam pembelajaran 1 ini kita akan menggali pemahaman kita atas visi. Visi adalah representasi visual kita akan masa depan, penggambaran visi yang jelas tentang keadaan di masa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya.

Sebagai guru Penggerak kita berperan untuk mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah. Peran ini memunculkan harapan besar untuk dicapai pada masa depan nanti.

Hal besar yang diharapkan dimasa depan ini yang disebut visi.

Pertanyaan yang diajukan untuk memahami mengenai visi:

1. Apa arti penting visi bagi seorang guru?

2. Visi seperti apa yang anda miliki sebagai guru?

Dua pertanyaan pemantik diatas akan menjadi dasar dalam membuat visi seorang guru Penggerak yang dituangkan dalam 3 karya yaitu:

Karya 1: Imajiku tentang muridku dimasa depan

Gambar situasi murid, peran guru, suasana sekolah sesuai cita-cita ku:

Karya 2:

Melengkapi kalimat tumpang dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang saya idam-idamkan. Sebuah sekolah yang berpihak pada murid, dan menuntun murid mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila.

*Saya memimpikan murid-murid yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia mampu bergotong royong ditengah masyarakat Indonesia yang beragam, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif mengikuti perkembangan zaman

*Saya percaya bahwa murid adalah seorang manusia makhluk hidup yang dianugrahi pikiran dan perasaan sehingga mereka hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri.

*Di Sekolah, saya mengutamakan tuntunan (among) yaitu menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan yang ada dalam hidup batin dan hidup lahir anak agar dapat memperbaiki lakunya.

*Murid di sekolah saya sadar betul bahwa Profil Pelajar Pancasila adalah acuan yang harus diwujudkan dimasa depannya kelak.

*Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

* Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa pendidikan adalah upaya sadar untuk menumbuhkan manusia merdeka yaitu mereka tidak terperintah, dapat menegakkan dirinya, tertib mengatur perikehidupannya serta tertib mengatur perhubungan mereka dengan kemerdekaan orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, sukses Bu Yulianti

12 Jan
Balas

Terimakasih bunda

12 Jan

Ulasan yang informatuf dan bermanfaat.Salam sukses Bunda Yulianti.

12 Jan
Balas

Terimakasih salam literasi

12 Jan



search

New Post