YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web

Refleksi Satuan Pendidikan 3 Bulanan SMPN 4 Campaka.

Tulisan ke-382

selasa, 31 januari 2023.

Sebagai sekolah penggerak kita harus melaksanakan refleksi 3 bulanan sekolah penggerak. kali ini lewat zoom meeting yang telah difasilitasi oleh coach kami pak Asep Iryanto. Kegiatan diawali dengan menonton tayangan film Artificial Intellegence - Automation solution, sebuah tontonan untuk pemantik semangat bahwa semua pekerjaan kedepannya akan lebih mudah dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat. Dan hal ini menuntut kita sebagai pendidik harus terus belajar secara mandiri menguasai teknologi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Setelah dibuka dengan resmi oleh ibu kepala sekolah, kegiatan refleksi satuan pendidikan 3 bulanan dengan tujuannya yaitu merefleksikan pelaksanaan kurikulum merdeka selama 3 bulan, mengidentifikasi praktik baik dan tantangan, menyusun rencana tindak lanjut jangka pendek untuk peningkatan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka kemudian kita diajak permainan menyebutkan barang di sekitar yang dapat menggambarkan peran yang kita lakukan di pekerjaan.

Refleksi penting untuk selalu dilakukan agar kita dapat melihat kembali pencapaian yang dilakukan sekolah dan hal-hal yang perlu untuk ditingkatkan dari berbagai aspek secara jujur, dan berdasarkan bukti.

Refleksi dilakukan bukan dalam rangka untuk penilaian kekurangan saja tapi justru bersama-sama untuk mengapresiasi keberhasilan - keberhasilan kecil ataupun besar yang sudah dilakukan dan bagaimana bersama-sama mendiskusikan solusi dari sebuah tantangan.

Biasakanlah berefleksi dengan kerangka 4P (Pengalaman, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan kedepan).

Refleksikan apa yang sudah dilakukan 3 bulan belakangan ini terkait dengan:

- Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah

-Pengguaan Alat/Bahan Ajar.

-Projek Penguatan Profile Pelajar Pancasila.

- Pembelajaran sesuai tahap capaian pembelajaran peserta didik.

Setelah selesai kita merefleksikan kurikulum Merdeka, ada tugas yang harus diselesaikan yaitu Rencana Tindak Lanjut Jangka Pendek.

Semoga apa yang telah kita rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Aamiin Ya Robb 🤲🏻

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bun ulasannya

31 Jan
Balas



search

New Post