YULIANTI, M.Pd

Biodata penulis: Yulianti, seorang guru PPKn di SMP Negeri 4 Campaka Kabupaten Cianjur. Lahir di Cianjur, 2 Januari...

Selengkapnya
Navigasi Web
Resolusi 2023 Penuh Karya

Resolusi 2023 Penuh Karya

#tagur365 hari ke-015

#tulisan ke - 376

Resolusi 2023 Penuh Karya

Tema : "Berkarya, Berkarya, Berkarya!"

Awal tahun seperti biasa penuh dengan harapan baru, dan semangat baru. Apalagi tatkala tahun baru datang, hitungan usiapun bertambah. Kalau berkaca dari usia yang sudah tidak lagi muda, rasa sesal belum berhasil berkarya, baik untuk keluarga, sekolah, ataupun masyarakat terus menghantui perasaan dan menambah beban pikiran. Namun setelah bergabung dengan gurusiana meski terlambat namun merasakan banyak manfaat diantaranya yang sangat berpengaruh pada kehidupan saya yaitu diterimanya saya sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan 6. Sewaktu wawancara saya ditanya tentang keikutsertaan menulis di tantangan Gurusiana dan saya yakin ini menambah poin kelebihan saya hingga bisa lolos pada Program Guru Penggerak yang dicanangkan langsung oleh Mentri Pendidikan Mas Nadiem Makarim.

Ini adalah resolusi saya yang utama untuk tahun ini yaitu menyelesaikan Program Guru Penggerak sampai lulus dan mendapatkan sertifikat dengan nilai yang sangat bagus. Agar lancar dan tercapai cita-cita saya lulus sebagai Guru Penggerak, yang banyak sekali ilmu pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti Pendidikam Guru Penggerak ini. Dengan alur MERDEKA : Mulai dari diri, Elaborasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata, semuanya benar-benar menjadikan saya sebagai Calon Guru Penggerak harus bisa berkarya mewujudkan merdeka mengajar baik untuk diri sendiri, murid saya, rekan sejawat, sekolah dan masyarakat sekitarnya. Maka resolusi kedua saya kembali aktif mengikuti tantangan menulis gurusiana setelah lama ketinggalan menulis karena kesibukan yang sangat padat. Hal ini karena sebagai seorang Calon Guru Penggerak harus berkarya dalam membagi ilmu pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ini.

Setelah lulus Guru Penggerak saya bertekad untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid, merealisasikan semua ilmu dan pengetahuan yang didapatkan untuk dipergunakan di lingkungan sekolah dan masyarakat serta merefleksikan apa yang telah diperbuat atau dilaksanakan.

Resolusi ketiga keinginan terbesar untuk berkarya di bidang pendidikan, yaitu terwujudnya perluasan yayasan pendidikan yang saya rintis dengan terbitnya izin operasional baru serta penambahan bangunan tempat berliterasi. Semua itu karena keinginan kuat untuk berkarya, berkarya dan berkarya sehingga kehadiran saya di lingkungan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitarnya.

Dalam sebuah hadits "Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." (HR. Al-Qadlaa'iy, Ath- Thabaraaniy dalam Al-Ausath no 5787).

Meski saya bukan orang penting tapi dengan memberikan karya buat kepentingan orang lain setidaknya bermanfaat bagi keluarga, sekolah, masyarakat bangsa dan negara.

Untuk itu saya membuat resolusiku di tahun ini dengan harapan mengingatkan akan tujuan dan target yang ingin dicapai sehingga menambah semangat untuk berusaha terus menerus untuk mencapainya.

Semangat berkarya mewujudkan cita-cita untuk menebar manfaat dari apa yang saya dapatkan terutama mengenai Merdeka Mengajar.

Yang didalamnya diantaranya membumikan literasi ditengah-tengah zaman yang semakin maju dengan teknologi informasi.

BIODATA PENULIS:

Penulis bernama YULIANTI, dilahirkan di Kota Tauco Cianjur. Guru SMPN 4 Campaka Kabupaten Cianjur Jawa Barat ini mulai bergabung di blog guru terbesar se Indonesia pada Sagusabu Cianjur 3. Kemudian berusaha untuk aktif berliterasi disini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bun. Semoga resolusinya dapat terealisasi

15 Jan
Balas

Mantap - Semangat bu.

15 Jan
Balas

Terimakasih admin

15 Jan
Balas



search

New Post