yuli astuti

Guru SD Al Muslim Tambun, S1 Pendidikan MIPA UNY, S2 Pendidikan MIPA Unindra Jakarta, Anggota KGPRB Guru Menulis ....

Selengkapnya
Navigasi Web
Color Kingdoms, ternyata Seru!

Color Kingdoms, ternyata Seru!

Didiklah anak sesuai dengan Zamannya karena mereka hidup di zamannya bukan di zaman kita. Dari kalimat tersebut kita sebagai pendidik hendaknya mampu memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk meraih apa yang mereka harapkan. Memenuhi haknya adalah kewajiban yaitu memberikan pendidikan yang baik dan tepat sesuai dengan perkembangannya. Usia Sekolah Dasar merupakan usia yang menyukai permainan. Mengingat, anak usia dasar belum memiliki kematangan dalam berpikir, anak memiliki keterbatasan dalam memilah dan memilih sesuatu yang positif atau negatif dan mana yang berdampak baik atau buruk. Pada proses pembelajaran guru memiliki peran penting sebagai fasilitator sehingga guru harus memiliki kemampuan yang variatif, kreatif dan inovatif. Kegiatan belajar akan maksimal ketika materi yang disampaikan mampu dipahami siswa.

Dalam proses pembelajaran, selain materi ajar juga perkembangan kognitif siswa akan dapat menentukan model, strategi dan teknik evaluasi dalam pembelajaran. Kematangan dan perkembangan usia sekolah dasar mempengaruhi proses berpikir dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan guru. Oleh karena itu bagi Guru untuk memudahkan pemahamannya maka memilih model atau metode yang sesuai dengan kemampuan berpikir mereka. Usia tersebut masih senang bermain, maka metode gamifikasi yang tepat untuk perkembangan usia Sekolah Dasar. Salah satu contohnya adalah colour kingdom. Apa sih Color Kingdoms itu? Color kingdoms merupakan salah satu variasi game yang dirilis oleh kahoot pada pertengahan Agustus lalu, Kahoot merilis tiga mode game terbaru sebagai variasi model permainan Kahoot. Selama ini kita hanya memainkan model klasik, baik mode live permainan langsung kompetisi maupun penugasan atau assignment, sekarang Kahoot menyajikan pembelajaran kolaboratif yang lebih interaktif dengan color kingdoms, treasure tower dan submarine squad. Ketiga game tersebut adalah permainan interaktif yang sebenarnya kita dapat gunakan dengan kolaboratif, sehingga memberikan keterampilan pada siswa dan pengalaman serunya hingga mereka merasa bermain, namun kenyataanya mereka sedang belajar. Pembelajaran yang saya gunakan adalah memberikan mereka pengalaman langsung yaitu dengan berkolaborasi, selain praktek dengan bahan sederhana juga melakukan kolaborasi tim dalam permainan color kingdoms, kemudian mereka melanjutkan dengan melalui beberapa pertanyaan. Nah dengan proses ini mereka mampu menganalisa dan melakukan dan berkompetisi sehingga timbul rasa senang ketika belajar, tidak bosan dan penuh tantangan.

Keuntungan ketika menggunakan game color kingdoms antara lain : pemain saling bekerjasama, menghargai tim lain dan melakukan kolaborasi, kecepatan berpikir, berani mengambil keputusan. Nah banyak kan keuntungannya, yuk buat pertanyaan di kahoot dan mainkan dengan mode color kingdoms. Selamat berkreasi dan berkarya.

Penulis : Yuli Astuti

Pendidik : SD Al Muslim

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post