yuli astuti

Guru SD Al Muslim Tambun, S1 Pendidikan MIPA UNY, S2 Pendidikan MIPA Unindra Jakarta, Anggota KGPRB Guru Menulis ....

Selengkapnya
Navigasi Web
Langkahku di Interaksi P4TKIPA, Bandung ' KOMIK PERJALANAN KANGKUNG'

Langkahku di Interaksi P4TKIPA, Bandung ' KOMIK PERJALANAN KANGKUNG'

Berawal dari ingin mengembangkan diri, dan melakukan yang terbaik bagi lingkungan dunia pendidikan yang sekian lama menjadi tempat ladang amal, berbagi ilmu dan mengembangkan diri. Sebagai guru IPA ingin selalu belajar dan mmebuat planing agar dapat memberikan yang tervaik untuk seluruh peserta didik di SD Al Muslim. Memberikan sebuah perubahan tidak perlu merubah orang lain, namun mulai diri sendiri yang berubah. Yakin dan mampu melakukan yang terbaik. Ketika membaca akun Instragram P4TK IPA dari Bandung, ada sebuah informasi lomba INTEARAKSI SAINS, dengan bermodal semangat untuk melakukan perubahan akhirnya mendaftar. Apa yang harus dipersiapkan ternyata banyak sekali dari mulai proses pembeajaran yang harus didokumentasikan sampai pada proses pengambilan praktik baik. Di sekolah kami merupaka sekolah berbasis digital dengan platform Digislamic, seluruh proses pembelajaran di sekolah menggunakan platform tersbut bahkan mulai dari peserta didik, guru dan orang tua. Pada waktu itu masih masa pandemi, seluruh peserta didik belajar dari rumah. Walau pandemi tidak mengurangi sedikitpun semangat kami sebagai pendidik untuk memberikan yang terbaik.

Sekolah kami memberikan fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan mode blanded learning dan Hybrid. Penggunakan model pembelajaran fliiped classrom sangat cocok dan mampu mengembangkan raas ingin tahu peserta didik dalam belajar walau keadaan pandemi. Penggunakan aplikasi zoom dan paltform digislamic sangat membantu sehingga proses belajar menjadi menyenangkan. Peserta didik tidak hanya belajar terori namun disajikan pembelajaran soft skill pada integrasi muatan lokal Green Education , Leadership dan Sains. Pembelajaran dirumah maka peserta didik melakukan sendri dan berkolaborasi dengan tim melalui zoom. Pembelajaran ini menggunakan fliiped clasrrom yaitu pembelajaran terbalik. Peserta didik disajikan modul ajar dan bahan video pembelajaran untuk di pelajari dirumah, kemudian saat pertemuan di zoom meeting peserta didik mampu melakukan dan merancang sebuah kegiatan budidaya tanaman kangkung secara hidroponik. Berdasarkan data tersebut kemudian dibuat laporan praktik baik dalam bentuk komik menggunakan komik stirp pada aplikasi canva. Peserta didik sangat antusias walaupun pertemuan melalui zoom meeting karena keadaan pandemi.

Perjalanan kangkung yang mereka buat menggunakan comik sangat menarik, bahkan soft skill mereka saat melakukan budidaya tanaman kangkung secara hdiroponik mampu dilaksanakan dengan baik. Dimulai dari pembibitan, perawatan, pemanenan serta pengolahan hasil panennya menjadi pengalaman yang berbeda bagi mereka. Hasil olahan bermacam -macam mulai dari kripik kangkung, es krim kangkung sampai ke bolu kangkung. Mereka menyajikanya dengan presentasi pada pertemuan terakhir. dan menguploud hasil presentasinya pad aplatform digilslamik sebagai asesment ketrampilan pembelajarn Green education, Leadership dan Sains. Nah dari seuruh rangkain yang saya buat menjadi best practis saya tampilkan saat lomba di Bandung. dan Al hamdulillah mendapat juara 2 Guru Inspiratif. Semua tak pernah terbayangkan jalani dengan baik mengalir tanpa lelah dan selalu bangga membersamai mereka, teman - teman mungil di SD Al Muslim

Tetap semangat dan menginspirasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat, Bun. Keren

06 Dec
Balas

terimakasih ibu .. sukses selalu buat ibu Umi

06 Dec

Keren

06 Dec
Balas

terimakasih ..semangat nulis bersama ya bu

06 Dec

Selamat bundaKeten

06 Dec
Balas

Hbt top slmt bunda .

07 Dec
Balas

belajar bersama ya bu Tin

07 Dec

Keren banget, sangat menginspirasi

09 Dec
Balas

masih belajar bun

05 Jan



search

New Post