yuli astuti

Guru SD Al Muslim Tambun, S1 Pendidikan MIPA UNY, S2 Pendidikan MIPA Unindra Jakarta, Anggota KGPRB Guru Menulis ....

Selengkapnya
Navigasi Web
Terpesona Assemblr Edu

Terpesona Assemblr Edu

18 November 2023, saya mengikuti pelatihan Assemblr Edu. Untuk apa ya ? pada awalnya bertanya dalam hati, rasa ingin tahu dengan fitur aplikasi tersebut karena selama ini hanya mempelajari di youtube dan mendengar beberapa teman membicarakan tentang AR bahkan saat ajang lomba di interaksi Sains P4TK IPA Bandung saya hanya melongo melihat peserta hebat itu dengan apliaksi AR yang luar biasa. Usut punya usut mereka menggunakan United AR dan Assemblr. Penasaran dengan itu maka pada 18 November mendapat informasi mengikuti pelatihan Dasyatnya Assemblr Edu dari KF Academy. Tingkat penasaran saya semakin tinggi begitu masuk zoom menyimak dengan baik dan endingnya harus melakukan sendiri, membuat proyek sendiri dengan Assemblr tersebut. Langkah awal pelatihan tersebut adalah mengenalkan AR. Apa itu AR dan apa perbedaan dengan VR. Yup AR adalah Augmented Reality yang saat ini banyak berkembang baik menggunakan PC maupun smartphone. AR salah satunya ada pada aplikasi Assemblr edu tersebut.

Proses pembuatan AR menggunakan Assemblr edu tidaklah sesulit penggunakan aplikasi Makar. Selain ringan di PC saya yang terbatas kapasitasnya, Assemblr edu mampu memberikan fitur frre yang menarik. Pastinya setiap aplkasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Uniknya Assemlblr edu kita bisa menjadi tim ACE, dan menjadi pendidik yang berserrtifikat tentunya dengan semua aturan dari ACE.

Mau tahu apa saja fitur Assemblr Edu? bebrapa fitur dalam Assemblr Edu tersbut fitur kelas, topik dan project kita. Untuk masuk kita harus memiliki akun Assembr, dan semua begitu mudah untuk mendaftar. Gunakan email belajar.id untuk para penddik agar mudah mengakses fitur-fiturnya.

Setelah masuk di Assemblr Edu beberapa topik free sudah tersedia dan semua lucu-lucu kadang sampai lupa makan kalau sudah membuat royek AR di Assemblr Edu. Untuk melihat proyek saya menggunakan smartphone android yang sudah diinstal Assemblr melalui playstore. Seluruh fiturnya menarik dan memberikan fasilitas untuk membuat media pembelajaran tampak menjadi nyata di hadapan kita.

Pada awal proyek saya membuat sistem tata surya, nah dalam aplikasi tersbut maka kita pilih tambah proyek, dan cari aset yang berkaitan dengan tata surya berupa planet dan lainya. setelah semua selesai di buat maka proyek kita terbitkan atau bahasa kerennya di publish. Semua aset yang sudah kita gunakan dapat muncul ketika kita scan ruangan kosong misal pada lantai atau dinding. Kesan saya mengikuti pelatihan tersebut seru dan sangat berterimakasih pada KF Academy yang memotivasi saya untuk terus mengembangkan diri.

Jangan takut untuk berubah karena setiap ribuan langkah itu berawal dari satu langkah kaki.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Bunda. Informatif.

07 Dec
Balas

terimakasih bun semangat selalu

07 Dec



search

New Post