Yuli Astutik

Juli astuti itulah namaku,hobiku dari masih anak-anak menyanyi yang setiap minggu waktu itu suaraku selalu mengisi Radio RKPD Ponorogo, berpuisi , menari juga m...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENULIS CILIK BERKEMBANG DI ERA PANDEMI

PENULIS CILIK BERKEMBANG DI ERA PANDEMI

Oleh : Juli Astuti SPD

Guru SDN Kademangan 1

#gurusiana id 12 02 21

Rasanya baru beberapa saat yang lalu, aku menekuni bidang menulis di gurusiana, Media guru Indonesia, dan majalah literasi, namun ada kesan tersendiri, apabila yang bisa menulis bukan hanya aku, aku bercita-cita ingin menularkan virus menulis ini kepada siswa-siswi ku, terlebih juga kepada sahabat-sahabat guru .

Namun rasanya mengajak orang dewasa itu, tak semudah yang aku bayangkan ,masih lebih gampang mengajak anak kecil, untuk senang menulis, jadi penulis mau tidak mau, dia pun akan menyukai membaca ,,dan akhirnya akan membaca, karya orang lain, karena pastilah ada rasa ingin tahu tentang apa yang dituliskan orang lain.

Disinilah gerakan literasi itu , akan dimulai dan berkembang, bagaikan air mengalir saja, semua keinginan dan rencana ku berjalan, entah bagaimana kondisi ke depan, semoga saja literasi ini akan menularkan virusnya nya, kepada siswa siswi yang lainnya.bahkan mungkin kepada teman teman guru semua, karena pendidikan ke depan nanti, arahnya kepada numerasi dan literasi sekolah.

Dan alhamdulillah , di bulan Januari akhir hingga Februari ini, aku dapat menghadirkan sebuah kumpulan puisi dari siswa-siswi ku, ada 44 orang anak menuliskan puisinya, hingga kemudian aku kumpulkan menjadi 1 buah antologi puisi yang mengawali tahun ini untuk sebuah karya siswa, dari mereka yang masih duduk di bangku SD kelas 2

Bahasa mereka lucu-lucu sesuai dengan anak seusianya, dilengkapi dengan tampilan foto di sebelahnya, yang terlihat ceria imut dan cerdas sebagai seorang penulis cilik. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan insya Allah beberapa hari yang akan datang buku kumpulan antologi puisi ku bersama siswa-siswi kelas 2 akan hadir menghiasi pembelajaranku sebagai sebuah karya besar siswa SD dimasa pandemi.

Momen menulis seperti ini tidaklah mudah untuk diciptakan, begitu juga hasil karya dari mereka , akan menjadi sebuah kenangan dan sekaligus sejarah yang tak akan pernah terlupakan.

Jangan pernah lupa, menulis itu mudah, namun tidak semua orang mampu menuangkan pikirannya ke dalam tulisan, hanya mereka yang memiliki kecerdasan dan keterampilan, serta kemauan yang keras untuk menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu

12 Feb
Balas

Mantap salam LiterasiAnak2 pasti senang lihat foto nya di pajang. Keren salam Literasi salam sehat selalu

12 Feb
Balas

Trimakasih bundaku cantik , salam sehat juga tuk bunda

12 Feb

Keren dsn msntap Bunda.

12 Feb
Balas

Luar biasa Bu Yuli

12 Feb
Balas

Trimakasih pak tosfayana

12 Feb

Ciamik, Bu. Mengkader bibit baru penulis Indonesia. Lanjutt.... Salam sukses selalu.

12 Feb
Balas

Helooo.. terimakasih hadirnya Mbak Cici yang cantik dan ayu sukses juga buat jenengan ya

12 Feb

selamat ya Bu. Karya yang luar biasa memotivasi anak untuk berkarya. Sukses Bunda.

13 Feb
Balas

trimakasih hadirnya bu fransisca

15 Feb

Selamat bu telah berhasil membikin antologi bersama siswa siswinya. Tulisannya menginspirasi. Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu

14 Feb
Balas

Selamat bu telah berhasil membikin antologi bersama siswa siswinya. Tulisannya menginspirasi. Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu

14 Feb
Balas

amin ya robal alamin trimakasih hadirnya pak

15 Feb

Suka sekali melihat konten ini..menjadi motifasi anak2 untuk belajar LBH giat LG dlm mmbuat puisi

12 Feb
Balas

Suka sekali melihat konten ini..menjadi motifasi anak2 untuk belajar LBH giat LG dlm mmbuat puisi

12 Feb
Balas

Trimakasih hadirnya Mbak Desi , mari kita kembangkan literasi di sekolah kita

12 Feb

Sama2 Bu...ini dgn Ibux Almirah Dwi Kusumastuti

12 Feb
Balas

Mantap dan keren siiip

12 Feb



search

New Post