Mading Kelas untuk Pembiasaan Berliterasi
Mading Kelas untuk Pembiasaan Berliterasi
(Tantangan Hari ke-6)
#tantangangurusiana
Ini lo karya anak-anak kelas saya. Mereka berekspresi berbagi tugas. Saat sekolah mengadakan lomba mading (majalah dinding) antar kelas, maka bergeraklah mereka. Ketua kelas mulai memimpin anggota kelas untuk berbagi tugas. Ada yang menyiapkan disainnya, ada yang menyiapkan isinya. Bahan yang digunakan sebagai dasar penempelan artikel dan sebagainya, diputuskan menggunakan sterefom walau sebenarnya bahan ini tidak ramah lingkungan. Isinya direncanakan terdiri atas artikel ilmiah, puisi, foto/dokumentasi, gambar, dan sebagainya. Siapa yang bertugas membuat masing-masing isi juga dibagi. Masing-masing memiliki peran. Luar biasa, kerja sama dari mereka perlu diacungi jempol.
Artikel ada tiga macam, kebetulan ketiga-tiganya adalah artikel biologi. Pertama, Biologi sebagai Obyek Fotografi. Biologi sebagai Acuan Diet, dan Sejuknya di Bawah Pohon pada Siang Hari. Artikel ini merupakan bagian dari karya tulis artikel anak-anak yang akan dikumpulkan untuk dijadikan buku antologi siswa. Buku tersebut masih digarap, dalam proses.
Anak-anak begitu semangat. Sebagai wali kelas, saya merasa bahagia. Saya sampaikan untuk selanjutnya supaya budaya menulis mengisi mading kelas tetap berlanjut dan diteruskan walau tidak ada lomba. Digilir, seminggu sekali untuk diganti oleh karya teman yang lain. Jika itu bisa dilakukan dan masing-masing siswa bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing. Pembiasaan membaca karya teman sekelas di majalah dinding kelas akan berdampak positif pada peningkatan minat baca. Berikutnya berlanjut menjadi pembiasaan menulis untuk mengisi mading kelas. Harapannya demikian. Kegiatan ini nampaknya sederhana, tetapi luar biasa. Anak-anak menjadi aktif dan termotifasi oleh-teman-temannya. Semoga bermanfaat bagi mereka kelak. Pembiasaan positif itu yang perlu dikembangkan.

Salah satu artikel siswa di dalam mading kelas adalah Biologi sebagai obyek fotografi. Artikelnya menarik, dan hasil fotonya keren. Foto di atas adalah salah satu contoh biologi sebagai obyek fotografi. Dari foto tersebut bisa dijelaskan bahwa itu adalah proses penyerbukan.
Magetan, 22 Januari 2020
#tantangangurusiana
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mading melatih siswa untu berliterasi. Keren
Siap, iya Ibuk Fitri.. terima kasih..
Bagus bu, mading adalah salah satu langkah awal untuk menggiatkan literasi di sekolah.
Terima kasih Ibu Desi,..
Betul bu.mading merupakan kreatifitas inovatif l. Barakallah bu. Salam ukhuwah dari kami suwartini(bundaalki)
Aamiin, siap! Terima kasih Ibu Suwartini..
Sama2.bu sudilah jk ada waktu folow balik kami, tq b4.barakallah bu
Aamiin.. sdh saya follow, Ibu. Mhn maaf terlambat. Salam kenal, ya..
Mading yang dikreasi oleh tangantangan terampil akan memberikan ide kreatif dan inovatif...terus memberikan semangat ya bunda...keren
Terima kasih Ibu Rika.. InsyaAllah..