Yuliawati

Terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),di salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hingga lulus esem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berhujan dalam Pawai Taruf
suasana peryaan Tahun Bari 1 muharam 1444H, pawai ta'ruf kafilah di Kota Timika

Berhujan dalam Pawai Taruf

Ada yang unik pada perayaan Tahun Baru Islam kali ini. Perayaan 1 Muharram 1444H bertepatan dengan Sabtu, 30 Juli 2022 M ini disambut dengan guyuran hujan sejak adzan shubuh berkumandang. Sesekali terlihat ibu dan anak-anak, serta perwakilkan berbagai lembaga pendidikan, organisasi masyarakat yang ambil bagian sudah berteduh di tepi jalan. Mungkin itu pilihan yang paling baik, sembari berdoa akan kemudahaan sampai ditempat perayaan, di sekitar halaman bekas pasar di tengah kota Timika,Papua. Sebagian dari mereka menghentikan perjalanan sejenak.

Panitia Hari-hari Besar Islam( PHBI), Kab.Mimika, Bapak Laitang Gredenggo, ketika ditemui, Beliau hanya bermohon keRidhoan Allah SWT untuk lancarnya kegiatan ini. Kegiatan yang bertujuan untuk mengumandangkan kebersamaan dalam perayaan Tahun Baru Islam, dan membangun rasa cinta terhadap momen-momen islami, dan menjaga ukhuwah islamiyah ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak sekolah PAUD/TK, SD, SMP dan SMP/SLB yang mengirim perwakilan kafilahnya, tak juga tertinggal para ustadz dan ustadzah dengan santri dan santriwati, ibu-ibu pengajian dari berbagai kerukunan/paguyuban yang hadir dengan ciri khas serta warna warni yang meyorakkan semangat, meskipun hujan mengguyur. Bupati kab.Mimika yang diwakili Staf ahli bidang Politik dan Pemerintahan, Bapak Stevanus Timang juga turut hadir menyampaikan sambutan dan sekaligus melepas secara resmi kafilah-kafilah dalam pawai ta’ruf pagi ini. Dan, bapak dan ibu perwakilan organisasi perangkat daerah dan forkompinda, perwakilan DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para sponsor kegiatan ikut berjalan dalam pawai ta’ruf ini. Dengan rute yang sudah diperpendek (mengingat cuaca hujan), tak selang berapa lama para kafilah sampai kembali ke tempat awal.

Meskipun hujan merintik kecil dan sarat, ayunan langkah kaki tetap semangat dan sigap. Berpayung dengan segala macam corak, berbaju lapisan dengan mantel hujan, bahkan hanya bertopi sebagai pelindung hujanpun, para anggota disetiap kafilah tetap bersemangat.

Suasana merefleksikan diri dalam bias tahun yang lama di tahun yang baru ini dengan semakin bermakna ketika perwakilan dari SLB Negeri Kab.Mimika, disapa dengan ananda Almira, yang juga juara 2 Lomba Baca puisi untuk SLB-anak berkebutuhan khusus se-prov.Papua. ikut hadir dan menyampaikan puisinya.

……………Kami bisu, Tapi kami berbicara,

Kami Tuli, tapi kami mendengar,

Kami lumpuh, …tapi kami berakal……

Penggalan bait puisi yang disampaikan ananda Almira ini, memberikan pencerahan dan semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru ini. Acarapun diakhiri dengan bagi bagi ‘door prize’ atau hadiah-hadiah yang disponsori oleh YPMAK, Gemilang Indo Training Yayasan Masyarakat Muslim,Dewan Pertukangan Nasional, Rezky Gold, CV.ACE Madiri Teknik, Berkah AA, Srimansulitama Electric Shop, PSU- Food Resource Solution, Primo Supermarket, dan Dwi Koala mineral water. Semuanya menjadi bagian dari keceriaan dalam kegiatan pawai ta’ruf Hai Raya tahun ini di kota Timika,Papua.

Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1444H/ 30 Juli 2022M.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa, kegiatannya sangat menarik

09 Aug
Balas



search

New Post