Yuliawati

Terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),di salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hingga lulus esem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Global Washing-hands di Sekolah
Foto:Dokpri Kegiaatan mencuci tangan di sekolah oleh mahasisw/i prodi D-III Sanitasi Kemenkes Jayapura,kelas Timika

Global Washing-hands di Sekolah

Pandemik Covid-19 belum berakhir seluruhnya. Meskipun kita sudah bebas untuk tidak memakai masker, kita harus selalu berada dalam protocol kesehatan untuk mmenjaga kesehatan kita . Salah satu caranya, dengan selalu rajin mencuci tangan.

Konsep mencuci tangan yang benar perlu disampaikan pada anak-anak sekolah untuk dipahami. Hal ini dikarenakan masih ada para orang tua ataupun wali masih belum maksimal dalam menyampaikan bagaimana mencuci tangan dengan benar. Itu pula yang dilakukan oleh civitas akademika Poltekes kemenkes Jayapura, jurusan kesehatan lingkungan ,prodi D-III Sanitasi kelas Timika, yang berkunjung ke salah satu sekolahh dasar dan sekolah menengah.

Kegiatan yang bertujuan utama untuk memberikan pemahaman kepada para peserta didik dalam mencuci tangan yang lebih benar dengan sarana tempat mencuci tangan yang sudah tersedia di depan setiap kelas, juga ikut melaksanakan salah satu poin dalam pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals)/SDGs, Sanitation,yang salah satu poinnya adalah mulai dari kegiatan di lingkungan sekolah yang melibatkan semua unsur sekolah, terutama peserta didik. Selain itu, kegiatan ini pun dikaitkan dengan hari mencuci tangan dengan sabun se-dunia setiap tanggal 15 Oktober, dan di tahun 2022 ini Global Handwashing Day 2022,dengan tema “Unite for Universal Hand Hygiene”

Kegiatan ini diikuti oleh (sebagian) peserta didik di SD Inpres Sempan Barat Mimika dan SMP Negeri 8 Mimika. Dalam kegiatan sehari yang berbeda tempat ini, para mahasiswa berupaya untuk mentransferkan pengetahuan dan memberikan layanan pengalaman praktek mencuci tangan yang benar kepada peserta didik. Senyum dan antusias mereka menjadikan suasana tambah bersahabat serta penuh dengan wejangan, tanya jawab serta hadiah untuk keberanian berpendapat di sela-sela kegiatan kampanye mencuci tangan dengan sabun ini.

Terimakasih pada pak kepala SD Inpres Sempan Barat Mimika, Pak James Parera,S.Pd, yang di bantu oleh ibu Tina Lesubun, juga pada ibu kepala SMP Negeri 8 Mimika, ibu Tania Sihombing,M.Pd serta bapak dan ibu guru dan pengawas sekolah, yang telah memberikan kesempatan kegiatan ini berlangsung. Apresiasi sukses buat prodi D-III Sanitasi untuk kegiatan Global Washinghand Day 2022.

#(Timika, 25 dan 29 Oktober 2022)

Suasana kegiatan Global Washing hands Day-2022 di SMP N8 Mimika

Peserta didik SD Inpres Sempan Barat Mimika, sangat antusia untuk kegiatan Global washing Hands 2022.

Terimakasih bapak dan ibu kepala sekolah SD Inpres Sempan Barat Mimika dan SMPN8 Mimika, juga dewan guru yang membantu terlaksannya program ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang mencerahkan. keren bu Yuliawati

04 Nov
Balas

terima kasih,pak. Salam sukses !

04 Nov



search

New Post