Yuliawati

"Beta ibu guru" terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hing...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengasah Tulisan, Menuang Ide
Berpose di Kegiatan Menulis Kartupos SMPN8 Mimika -Papua

Mengasah Tulisan, Menuang Ide

Satu diantara kecerdasan yang didengungkan dalam dunia perkembangan pendidikan anak adalah kecerdasan linguistic,atau kecerdasan berbahasa secara lisan dan tulis. Ada berbagai cara untuk mengasah kecerdasan berbahasa itu.( https://www.thoughtco.com/linguistic-intelligence-8093). Salah satunya adalah dengan menulis surat manual atau surat elektronik kepada seseorang. Bagi para pemula, kecerdasan ini bisa dimulai dengan hanya menulis yang singkat, dan selembar kartu pos bisa menjadi wadah yang memungkinkan untuk menjadi wadah tuangan ide-ide , dalam bentuk tulisan yang santun dan berterima.

Ya, kartupos, bagi sebgian orang yang mengenalnya dan tidak begitu antusias, akan menyampaikan bahwa wadah ini adalah wadah yang langka, bahkan terseksan ‘Jadul’. Namun, di era globalisasi serba elektronik dengan akses internet sekarang ini, masih ada orang yang mencintai hobi berkirim khabar dan bercerita singkat melalui kartupos, Kartupos , selain menjadi wadah mengasah tulisan yang sederhana , beride dan berterima, benda ini juga menjadi ajang menambah wawasan dan ‘ petualang’ di tempat, bagi yang tak berakses hp android.

Sangat memberikan apresiasi bagi anak-anak kelas menulis kartupos di SMP Negeri 8 Mimika. Terimakasih ibu Kepala Sekolah, Ibu Tania Sihombing,MPd, juga bapak ibu bagian Kesiswaan yang membantu persiapan hingga pelaksanaan kegiatan menulis kartupos, yang juga berkolaborasi dengan PT Pos Indoensia kantor Pos Timika, yang membuka wawasan dengan salahsatu hobi yang unik, Filateli. Terimakasih buat Bapak dan ibu guru matapelajaran Bahasa Indoensia dan Bahasa Inggris, yang juga ikut mendampingi anak-anak selama awal hingga akhir kegiatan.

#Kerampilan_berkomunikasi_Tulis

#Membangun_wawasan_KebhinekaanGlobal_melalui_Kartupos

#Tetap_Semangat

#Postcards_connecting_people

Timika (Papua),13 Agustus 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

15 Aug
Balas

Terimakasih,.Salam Literasi

16 Aug

Mantap..menuang ide dalam bentuk tulisan adalah harta literasi tak terkira. Salam untuk Papua, bu

18 Aug
Balas

Ulasannya sangat inspiratif. Semoga anak2 Indonesia mempunyai kecerdasan lingustik yang baik. Sukses Bu Yuliawati

15 Aug
Balas

Aamiin, terimakasih, pak. Semoga kebaikan ada pada kita semua, aamiin

16 Aug

Mantap ulasannya. Salam literasi

15 Aug
Balas

terimakasih, bu. Salam Literasi dari Timur Indonesia

16 Aug



search

New Post