Yuliawati

Terlahir di kota Pala Fakfak (di jazirah Onin,Negeri Mbaham),di salah satu kabupaten tertua di Provinsi Papua Barat. Melewati masa kanak-kanak hingga lulus esem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Merespon  Sederhana,Merespon Cepat
Foto dokpri : pebelajar bahasa Inggris kelas VII dan VIII, sedang berpasangan untuk mendemonstrasikan ungkapan dan perhitungan uang koin dan lembaran dalam interaksi kelas.

Merespon Sederhana,Merespon Cepat

Menyimak, atau lebih dikenal dengan Mendengar atau listening adalah salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh seorang pebelajar bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas-kelas ataupun di luar kelas (di alam terbuka ataupun di dalam laboratorium bahasa) kecakapan ini memainkan peranan penting dalam menilai kemampuan berkomunikasi, yang dipasangkan dengan kecakapan berbicara atau speaking.

Dengan konteks kelas yang belum semua pebelajar bahasa Inggris memiliki kecakapan menyimak, guru perlu melakukan kiat yang mengundang atau bahakan mengikat para pebelajar untuk mengasah dan mengembangankan kemampuan berbahasa yang dipelajari, baik bahasa ibu ataupun bahasa lainnya (Harmer,2012). Dalam pengamatan guru, dua per tiga dari pebelajar di kleas belajar Bahasa Inggris ini lebih dominan dengan gaya belajar kinestetik dan visual. Beberapa diantara lainnya memiliki gaya belajar auditori.

Dalam proses belajar untuk memepertajam literasi dan numerasi yang dikhususkan pada kecakapan mendengar dan berbicara dengan tujuan pembelajaran bahwa pebelajar bahasa inggris ini mampu merespon dengan sederhana serta cepat terhadap ungkapan yang diperdengarkan. Guru menyediakan alat peraga uang koin asli dan uang kertas mainan. Kecakapan listening kali ini akan terintegrasi dengan tema angka dalam uang yang disediakan dalam koin ( Rupiah) 100, 200, 500 dan 1000. Untuk uang kertas mainan dengan nilai yang serupa dengan uang yang asli.

Pengenalan ungkapan yang pertama adalah money, coin(s), banknote(s), total, to count, take…….out, serta ungkapan yang umum” How much money do you get?”. Teknik yang lebih sesuai dengan konteks kelas ini adalah Total Phiysical Respond (TPR) yang memberikan pemahaman dengan kata dan ungkapan.

Salah satu contoh ungkapan ‘ please count your coins!’. Dalam kalimat request ini pebelajar akan merespon dengan cepat menghitu, misalnya, dua uang koin masing masing dua ratus rupian, satu uang koin limaratus rupiah dan satu uang koin seribu rupiah. Bagi pebelajar yang lebih bisa, ungkapan guru bisa bervariasi dengan ‘how much money do you have?’, atau “How much money do you get?”.

Interaksi kelas begitu riuh dalam kelompok maupun berpasangan. Guru memonitor setiap pasang pebelajar yang saling meminta dan merespon. RMerespon dengan sederhana dan cepat, juga tepat diakhirnya. Umpan balik dari sesi belajar kali ini, pebelajar menyampaikan ada yang senang bisa menyampaikan uang dalam bahasa Inggris yang dipelajari, ada pebelajar yang akan berniat mengumpulkan uang koin juga uang mainan kertas, dan masih ada satu pebelajar yang belum bisa merespon dengan cepat, tentunya masih perlu latihan, diluar waktu belajar kelas.

Sebagai guru, teknik TPR ini sangat membantu untuk pebelajar bahasa inggris dikelas kami. Dengan melihat konteks kelas dan gaya belajar pebelajar, tentu guru bukan saja sebagai guru yang mengajar , tapi juga sebagai fasilitator dan coach untuk ketercapain tujuan pembelajaran.

Reference

Harmer,J. (2012). The Practice of English Langugae Teaching. London: PearsonEducation Limited.

**Best Practice inside the Classroom**

** Papua Football Academy**

**GO...Go...Go...PFA**

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post