yulia yulianti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
267. Membumikan Tantangan Literasi

267. Membumikan Tantangan Literasi

TANTANGAN MENULIS HARI KE-267

#TantanganGurusiana

 

MEMBUMIKAN TANTANGAN LITERASI 

 

Pengertian Literasi

 

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.

 

Education Development Center ( EDC ) Literasi adalah  “ kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia “.

 

National Institute for Literacy, Literasi sebagai “kemampuan, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.”

 

Tujuan Literasi

 

1.     Pengetahuan Masyarakat

 

2.     Tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca /diperoleh.

 

3.     Kemampuan memberikan penilaian kritis terhadap sesuatu karya/masalah

 

4.     Penumbuhan dan pengembangan budi pekerti

 

5.     Nilai kepribadian seseorang

 

6.     Budaya literasi

 

7.     Kualitas penggunaan waktu

 

Manfaat Literasi

 

Literasi dapat membantu meningkatkan :

 

1.     Menambah perbendaharaan Kata “ Kosa Kata “

 

2.     Mengoptimalkan kinerja otak

 

3.     Wawasan dan informasi baru

 

4.     Kemampuan interpersonal seseorang

 

5.     Kemampuan memahami makna suatu informasi

 

6.     Kemampuan verbal seseorang.

 

7.     Kemampuan analisis dan berpikir seseorang.

 

8.     Daya fokus dan konsentrasi

 

9.     Kemampuan dalam merangkai kata yang  bermakna dan menulis.

 

 Berdasarkan pengertian dan manfaat literasi, artinya perlu upaya yang masif, terarah dan terpadu agar literasi sebagai sebuah program yang dapat membentuk karakter generasi bangsa dapat tercapai. Literasi tidak bisa diartikan secara terpisah. Harus ada keterkaitan antara implementasi literasi yang dilakukan di sekolah, keluarga dan masyarakat.

 

Literasi juga harus dipandang sebagai dasar kecakapan hidup. sehingga literasi dipandang sebagai sesuatu yang penting untuk diterapkan. Adapun hal-hal yang harus diketahui literasi sebagai dasar hidup adalah sebagaimana dibawah ini.

Literasi Dasar Sebagai Kecakapan Hidup

 

-          Literasi Baca Tulis               

   -     Literasi Finansial

-          Literasi Narasi                      

   -     Literasi Digital

-         Literasi Sains                         

-       Literasi Budaya dan kewargaan

H

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post