Yulinarti Prihatiningrum

Menjadi seorang guru adalah sebuah tantangan. Karena kita tak hanya transfer ilmu, melainkan mencetak karakter yang mulia kepada anak. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Solat Idul Adha, 300 Jamaah Padati Lapangan Gedung Yaasin Sekolah Gema Nurani
Suasana Solat Idul Adha 1440 H di Halaman Parkir Sekolah Gema Nurani (Foto : Dedi Laksmana, S.Pd)

Solat Idul Adha, 300 Jamaah Padati Lapangan Gedung Yaasin Sekolah Gema Nurani

Bekasi, Hari Raya Idul Adha 2019 telah ditetapkan jatuh pada Minggu 11 Agustus 2019 atau 10 Dzulhijjah 1440 H.

Hari raya umat muslim ditandai dengan adanya shalat ied di lapangan atau halaman masjid.

Sekitar 300 lebih jamaah mengikuti Salat Idul Adha di Lapangan Yaasin SDIT Gema Nurani pada Minggu (11/8/2019). Dalam Salat Idul Adha yang bertindak sebagai imam adalah Muhammad Arief Alhafidz alumni sekolah Gema Nurani.

Solat Idul Adha dihadiri oleh Direktur PITH Gema Nurani beserta keluarga, DKM Masjid Raya Ulul Albab, para guru dan staff karyawan serta warga setempat.

Dalam sambutannya, DKM menyebutkan bahwa total keseluruhan qurban yang ada di Gema Nurani ada 8 sapi dan beberapa kambing. 6 ekor sapi dipotong di Gema Nurani, 1 ekor sapi dipotong di Garut, dan 1 ekor sapi lagi dipotong di Palu, Sulawesi.

Khatib salat Idul Adha adalah Ustadz Nuroji, S.Hum. Ustadz Nuroji menuturkan, Amaliyah ibadah haji adalah sangat ideal. Umat Islam harus mengenal kembali eksistensi mereka. Seperti yang terdapat dalam Surah Al- Hajj ayat 27 yang berbunyi, "Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh.

Inti berhaji adalah kesatuan. Berhimpun dalam kebaikan akhirat untuk seluruh orang yang beriman. Mereka akan dikumpulkan dan akan dimintai pertanggungjawaban. Manusia yang berbondong-bondong dari berbagai bangsa, menjalankan ibadah yang sama, diwaktu yg sama, ditempat yang sama dan lain-lain yang sama. Semua hanya mengabdi kepada Allah dan semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

Adapun lanjutan dari ayat sebelumnya, supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir yang terdapat dalam Surah Al- Hajj ayat 28.

Berkontemplasi atas sejarah Islam yang telah terukir sosok keluarga teladan panutan sepanjang zaman.

Ia pun mengajak jemaah mendoakan seluruh umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Makkah agar diberikan kesehatan, kekuatan dan kemudahan.

"Mudah-mudahan diberi kesehatan, kekuatan, kemudahan, kecerahan lahir dan bathin dalam melaksanakan berbagai amalan ibadah haji,” ujar dia di sela berkhutbah Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Minggu pagi.

Khatib yang juga Inspektorat SDIT Gema Nurani tersebut juga mengajak agar mendoakan jemaah pulang dengan selamat di Tanah Air serta menyandang predikat haji mabrur.

"Mari kita juga mengharap kepada Allah, mudah- mudahan semua yang hadir di majelis ini segera dipanggil untuk menunaikan ibadah haji,” ucapnya.

(Yulip)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaps reportasenta Bunda yang berisi materi kurban. Suķses selalu dan barakallahu fiik

11 Aug
Balas

Alhamdulillah... terimakasih Bun

12 Aug
Balas



search

New Post