KOMPONEN MUTU LULUSAN PADA IASP 2020-3
Pada tulisan sebelumnya telah dipaparkan tentang salah satu contoh butir inti komponen Mutu Lulusan, subkomponen Pengembangan Karakter Siswa. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana asesor menggali data untuk memperoleh hasil penilaian dari subkomponen “Siswa menunjukkan perilaku religius dengan pengamalannya dalam aktivitas di sekolah maupun madrasah.”
Terdapat 4 (empat) pola pengumpulan data yang bisa dilakukan untuk memperoleh data tentang perilaku religius siswa dengan pengamalannya dalam aktivitas di sekolah maupun madrasah, yaitu observasi, telaah dokumen, angket, dan wawancara. Penggalian data melalui observasi yang harus dicermati oleh asesor meliputi 2 (dua) aspek, yaitu: 1) Perilaku religius siswa; yang dapat dilihat dari kebiasaan berdoa, kebiasaan mengucap salam, kepedulian sosial, dan kepedulian lingkungan. 2) Partisipasi siswa dalam kegiatan ibadah siswa sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianutnya; agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu.
Penggalian data melalui telaah dokumen yang harus dicermati oleh asesor meliputi 4 (empat) aspek, yaitu: 1) Perilaku religius siswa; yang dapat dilihat dari kebiasaan berdoa, kebiasaan mengucap salam, kepedulian sosial, dan kepedulian lingkungan. 2) Partisipasi siswa dalam kegiatan ibadah siswa sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianutnya; agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. 3) Partisipasi siswa dalam kegiatan peringatan hari besar keagaamaan; dapat dilihat dari peringatan hari besar agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. 4) Sikap toleran dan kerukukan hidup antar pemeluk agama/kepercayaan; yang dapat dilihat dari menghargai dan menghormati hak dan kewajiban, saling membantu dan menolong, menjaga keharmonisan dan perdamaian, serta tidak memaksakan kehendak untuk memeluk agama tertentu.
Dokumen yang ditelaah berupa laporan kegiatan pembiasaan perilaku religius siswa yang mencakup agenda/jadwal dan jenis kegiatan, serta dokumen pendukung lainnya. Dokumen yang ditelaah untuk aspek partisipasi siswa dalam kegiatan ibadah siswa sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianutnya dapat berupa catatan guru yang mencakup partisipasi siswa dan jenis kegiatan ibadah sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya. Untuk partisipasi siswa dalam kegiatan peringatan hari besar keagaamaan dapat dilihat dari dokumen berupa laporan kegiatan peringatan hari besar keagamaan yang mencakup jenis kegiatan dan partisipasi siswa. Sikap toleran dan kerukukan hidup antar pemeluk agama/kepercayaan dapat dilihat dari dokumen berupa catatan guru tentang sikap toleran dan kerukunan hidup antar pemeluk agama/kepercayaan.
Pembahasan tentang penggalian data melalui angket dan wawancara, tunggu besok, ya.
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ZWLGXC0fMBk&feature=youtu.be
Bandung, 17 Agustus 2020
#Harike_170
#Menuju_365
#KOMPONEN_MUTU_LULUSAN_PADA_IASP_2020-3
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
informasi yang lengkap, termasuk nilai afektif perilaku yang banyak poin persiswa untuk di nilai he..he., semangat
Informasi keren dan sangat berguna Bunda yuli. Dirgahayu Indonesiaku. Merdeka!
Terima kasih apresiasi dan kunjungannya Pak Edi. Merdeka!
Inspiratif..keren bu
Terima kasih kunjungan dan apresiasinya Bu Maemunah.