Yuli Ridawati Dahlan

Dra. N. Yuli Ridawati, M.Si. Lahir di Bandung, 09 Juli 1963. Bekerja sebagai Pengawas SMP Disdik Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Alumni MWC 4 Jabar...

Selengkapnya
Navigasi Web

KOMPONEN MUTU LULUSAN PADA IASP 2020-3

Pada tulisan sebelumnya telah dipaparkan tentang pola pengumpulan data untuk butir inti komponen Mutu Lulusan, subkomponen Pengembangan Karakter Siswa. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana asesor menggali data untuk memperoleh hasil penilaian dari subkomponen “Siswa menunjukkan perilaku religius dengan pengamalannya dalam aktivitas di sekolah maupun madrasah” melalui angket dan wawancara.

Penggalian data melalui angket bertujuan untuk mengetahui tingkat keberagaman dalam 1) Perilaku religius siswa; yang dapat dilihat dari kebiasaan berdoa, kebiasaan mengucap salam, kepedulian sosial, dan kepedulian lingkungan. 2) Partisipasi siswa dalam kegiatan ibadah siswa sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianutnya; agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. 3) Partisipasi siswa dalam kegiatan peringatan hari besar keagaamaan; dapat dilihat dari peringatan hari besar agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. 4) Sikap toleran dan kerukukan hidup antar pemeluk agama/kepercayaan; yang dapat dilihat dari menghargai dan menghormati hak dan kewajiban, saling membantu dan menolong, menjaga keharmonisan dan perdamaian, serta tidak memaksakan kehendak untuk memeluk agama tertentu.

Terdapat dua cara pengisian angket oleh siswa sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah, yaitu: 1) Sekolah yang memiliki akses internet yang memadai, angket dapat diisi langsung secara online oleh siswa. Hasil pengolahan angket tersebut dapat dilihat langsung oleh asesor. 2) Sekolah yang fasilitas internetnya kurang memadai dapat mengisi angket secara manual.Asesor memilih siswa secara random dan meminta mereka untuk mengisi angket tersebut secara manual. Hasil angket diolah oleh asesor secara manual.

Penggalian data melalui wawancara digunakan untuk menggali data tentang 1) Perilaku religius siswa; yang dapat dilihat dari kebiasaan berdoa, kebiasaan mengucap salam, kepedulian sosial, dan kepedulian lingkungan. 2) Partisipasi siswa dalam kegiatan ibadah siswa sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianutnya; agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. 3) Partisipasi siswa dalam kegiatan peringatan hari besar keagaamaan; dapat dilihat dari peringatan hari besar agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. 4) Sikap toleran dan kerukukan hidup antar pemeluk agama/kepercayaan; yang dapat dilihat dari menghargai dan menghormati hak dan kewajiban, saling membantu dan menolong, menjaga keharmonisan dan perdamaian, serta tidak memaksakan kehendak untuk memeluk agama tertentu. Asesor harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar hal tersebut di atas. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, perwakilan orang tua, dan siswa.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ZWLGXC0fMBk&feature=youtu.be

Bandung, 18 Agustus 2020

#Harike_171

#Menuju_365

#KOMPONEN_MUTU_LULUSAN_PADA_IASP_2020-4

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap..semoga angket itu valid dan bisa dipercaya..artikel yg sangat berkualitas utk mengembangkan karakter anak didik..salut

18 Aug
Balas

Keren, semoga sukses selalu. Ijin follow. Salam literasi Bu

19 Aug
Balas

keren bu

18 Aug
Balas



search

New Post