Yuli Ridawati Dahlan

Dra. N. Yuli Ridawati, M.Si. Lahir di Bandung, 09 Juli 1963. Bekerja sebagai Pengawas SMP Disdik Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Alumni MWC 4 Jabar...

Selengkapnya
Navigasi Web

PENYEBARAN BUTIR IASP 2020

1. KOMPONEN MUTU LULUSAN

Penyebaran butir komponen Mutu Lulusan pada IASP 2020 adalah 14 (empat belas) butir, yang terdiri atas 11 (sebelas) butir inti, 2 (dua) butir untuk kekhususan SMK, dan 1 (satu) butir untuk kekhususan SLB. Dengan demikian untuk komponen Mutu Lulusan untuk jenjang SMP/MTs. adalah 11 (sebelas) butir yang merupakan butir inti. Komponen Mutu Lulusan untuk Jenjang SMP selengkapnya tertera di bawah ini.

1. Menunjukkan sikap disiplin terhadap aturan sekolah/madrasah dalam berbagai situasi.

2. Menunjukkan perilaku religious.

3. Menunjukkan perilaku kerja keras dan tanggung jawab.

4. Mencegah perundungan (bully).

5. Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek berkomunikasi.

6. Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek kolaborasi (bekerja sama).

7. Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

8. Memiliki kompetensi abad ke-21 pada aspek kreativitas dan inovasi.

9. Menunjukkan ekspresi diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat.

10. Menunjukkan Peningkatan Prestasi Akademik.

11. Memuaskan pemangku kepentingan.

2. KOMPONEN PROSES BELAJAR

Penyebaran butir komponen Proses Belajar pada IASP 2020 adalah 10 (sepuluh) butir, yang terdiri atas 7 (tujuh) butir inti, 2 (dua) butir untuk kekhususan SMK, dan 1 (satu) butir untuk kekhususan SLB. Dengan demikian untuk komponen Proses Belajar untuk jenjang SMP/MTs. adalah 7 (tujuh) butir yang merupakan butir inti. Komponen Proses Belajar untuk Jenjang SMP sebagai berikut.

1. Melaksanakan pembelajaran yang efektif.

2. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar serta menggunakan hasilnya sebagai dasar perbaikan program berikutnya.

3. Melaksanakan remedial dan/atau pengayaan.

4. Menunjukkan partisipasi aktif dalam belajar.

5. Menunjukkan budaya literasi membaca dan menulis.

6. Memanfaatkan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar.

7. Menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, bersih, dan memudahkan siswa untuk belajar.

Penyebaran butir komponen Mutu Guru dan Manajemen Sekolah/Madrasah akan disampaikan pada tulisan berikutnya.

Sumber: Modul Contoh IASP 2020

Bandung, 4 Agustus 2020

#Harike_157

#Menuju_365

# PENYEBARAN_BUTIR_IASP_2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah bertambah lagi ilmunya, nuhun Bu

06 Aug
Balas



search

New Post