Yulizar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tugas Resensi Buku

Buah Manis Sebuah Pengabdian

Oleh : Yulizar,S.Pd.SD

Judul Buku : Meniti Buih Menjelajah Cita

Pengarang : Rina Melati,M.Pd

Penerbit : PT Mediaguru Digital Indonesia

Jumlah Halaman : VI, 72 hlm

Cetakan Pertama : Januari 20

Kalau hati sudah terpanggil, tekad untuk mengabdi bagi anak bangsa sudah bulat, samudera seluas apapun akan diarungi, pulau terpencilpun tak peduli. Walau harus jauh dari keluarga keluarga, dari kampung halaman, menuju daerah yang sama sekali belum pernah ditempuh.

Perjuangan seorang guru muda yang harus mengarungi samudera menuju sebuah pulau terpencil tidaklah mudah. Apalagi itu adalah pengalaman pertama dalam hidupnya. Terpisah jauh dari keluarga, belum berumah tangga harus menghadapi tantangan di daerah terpencil yang adat budayanya bisa saja berbeda dengan kampung halamannya.

Buku ini menceritakan pengalaman seorang bu guru yang baru diangkat . Perjalanan yang maha sulit menuju daerah tersebut, pengalaman pertama jadi seorang guru karena baru menamatkan pendidikan guru, dan pengalaman menyesuaikan budaya, bahasa dan etika di suatu daerah yang kadang kala berbeda dari yang selama ini dialami.

Buku ini juga memberikan gambaran bagaimana seorang guru muda bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat terpencil yang kadangkala memiliki budaya unik yang apabila tidak pandai menyikapinya kita akan dianggap menentang budaya mereka.

Tantangan lainnya yang digambarkan penulis adalah bagaimana menyikapi kekurangan guru, agar anak-anak tetap dapat belajar sebagaimana mestinya. Meskipun kadang kala harus menggabungkan dua kelas yang berbeda tingkatnya.Yang paling menarik adalah menghadapi tantangan dari orang tua murid yang lebih suka mengajak anaknya melaut dibandingkan menyuruh anaknya ke sekolah.

Buku ini sangat asyik dibaca terutama bagi anda yang berminat menjadi guru ataupun bapak ibu guru yang belum punya pengalaman mengajar di daerah terpencil.

Kalau melihat ending buku ini,nampaknya masih banyak yang ingin diceritakan oleh penulis. Mari kita natikan kelanjutan ceritanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap sekali Pak

30 Jan
Balas



search

New Post