Yulizeslika

Guru di Sukabumi Jawa Barat. Gemar membaca, menulis, jalan-jalan, dan belajar hal-hal baru. Bisa dihubungi melalui email: [email protected] ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Internet untuk Pembelajaran

Internet untuk Pembelajaran

Berinteraksi dengan internet dalam bidang pendidikan bukanlah hal yang asing bagi penulis. Sebagai seorang guru yang harus terus-menerus meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri untuk menjadi guru yang lebih baik sesuai tuntutan zaman yang dihadapi, maka berinteraksi dengan internet dalam rangka mencari informasi dan belajar untuk pengembangan diri adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mengingat guru tidak bisa meninggalkan tugas pokok sebagai guru yaitu mengajar di kelas, mendidik murid-murid, dan tugas tambahan lain, kehadiran internet sangat membantu dalam proses pengembangan diri guru. Ada banyak kegiatan pengembangan diri yang bisa diakses melalui internet dan bisa dilakukan di sela-sela tugas pokok sebagai guru. Penulis memiliki pengalaman mengikuti kegiatan pengembangan diri dalam bidang teknologi pendidikan, penulisan buku dan karya tulis ilmiah di internet. Berbagai metode pembelajaran dan praktik baik pembelajaran di kelas juga penulis peroleh melalui internet. Penulis juga bertemu dengan komunitas-komunitas pegiat pendidikan di internet dan kemudian bergabung dalam oganisasi profesi guru melalui internet.

Setelah merasakan sendiri besarnya manfaat internet bagi pendidikan, penulis lantas mulai memanfatkan internet untuk pembelajaran di sekolah. Yang pertama kali penulis gunakan adalah aplikasi media sosial whatsapp. Penulis membuat grup pembelajaran sesuai mata pelajaran yang penulis ampu yaitu Biologi. Setiap murid yang mengikuti pelajaran Biologi bergabung ke grup Biologi untuk tahun pelajaran tersebut sesuai dengan angkatan kelasnya masing-masing, misalnya grup Biologi kelas XI tahun pelajaran 2020. Melalui aplikasi tersebut, penulis bisa berkomunikasi dengan murid tentang kegiatan pembelajaran, mengirimkan buku pembelajaran elektronik (e-book), mengirimkan materi pelajaran dalam bentuk teks dan gambar, mengirimkan tugas-tugas yang harus dikerjakan murid, dan berdiskusi dengan mereka. Informasi tentang kegiatan sekolah secara umum juga sering diinformasikan oleh penulis maupun para murid di media sosial tersebut. Materi pelajaran yang penulis kirimkan ke grup sangat bermanfaat bagi murid dalam belajar. Dalam kegiatan belajar di kelas, materi tersebut menjadi rujukan utama dalam pembelajaran mengingat terbatasnya ketersediaan buku pelajaran di perpustakaan.

Pada awal menggunakan materi pembelajaran dalam bentuk digital, murid-murid merasa kesulitan dan terlihat kurang nyaman karena selama ini mereka terbiasa belajar menggunakan buku dalam bentuk fisik. Penulis meminta para murid untuk memahami kondisi sekolah yang belum mampu menyediakan buku dalam jumlah yang mencukupi dan mulai membiasakan diri dengan materi digital. Setelah beberapa bulan mengunakan materi digital, berdasarkan observasi penulis di kelas, para murid semakin terampil menggunakan gadgetnya untuk mengunduh materi dan menggunakannya dalam kegiatan belajar di kelas.

Untuk meningkatkan kemampuan murid dalam menggunakan internet dalam pembelajaran, penulis mengajarkan mereka mencari informasi pembelajaran di mesin pencari dengan cara menuliskan kata kunci dengan tepat. Sekarang murid-murid sudah memilki kemampuan untuk mencari informasi sesuai topik pembelajaran yang dibahas. Akan tetapi, materi yang penulis kirim lewat grup tetap mejadi rujukan utama karena sudah disusun sesuai kurikulum. Dengan demikian materi tidak akan menyimpang dari kurikulum yang sudah ditentukan untuk tiap tingkatan kelas, mengingat Biologi adalah ilmu yang ruang lingkupnya sangat luas.

Internet juga dapat digunakan untuk penilaian pembelajaran. Beberapa aplikasi penilaian sudah tersedia di internet, seperti google form, quiziz, dan kahoot. Penggunakan aplikasi penilaian di internet dapat menghemat waktu pemeriksaan dan analisis soal ujian sehingga guru bisa lebih fokus membimbing murid.

Besarnya manfaat internet melalui pendidikan dan semakin mudahnya mengakses internet tidak terlepas dari jasa perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi. Kita patut gembira dengan kemudahan akses telekomunikasi ini.

Bak pisau bermata dua, internet memiliki dua sisi. Internet bisa memberikan kebaikan tapi juga bisa mengundang kemudaratan. Tetapi sesungguhnya internet hanyalah alat. Penggunaannya sepenuhnya dalam kontrol manusia sebagai pengguna. Mari kita perbesar manfaat internet bagi generasi muda bangsa dengan menggunakannya untuk kegiatan pendidikan dan selalu memberikan arahan yang tepat dalam penggunaan internet pada murid-murid. Yang paling penting lagi adalah guru memberikan teladan yang baik dalam penggunaan internet.

#InternetPendidikan #MediaGuru #Indosat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga sukses... Saya juga sering memakai quiziz dan gform untuk soal online

25 Jan
Balas

Terima kasih, sukses juga buat Bunda.

25 Jan



search

New Post