Yunengsih

Lahir di Jakarta, tanggal 17 September bertugas di MI Nurul Hidayah Ciputat Timur Tangerang Selatan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Arisan

Arisan

Suatu kegiatan berkumpulnya beberapa orang dengan mengumpulkan uang yang disepakati dalam jangka waktu tertentu dan secara berperiode akan diundi atau lebih kenal dengan istilah dikocok, nama yang keluar akan memperoleh kumpulan uang tersebut, itu adalah "Arisan"

Tentu kata arisan ini tidak lagi asing didengar atau bahkan kita juga pelakunya.

Kegiatan arisan ini banyak ditemui di sekitar kita pada semua kalangan, dalam skala kecil maupun besar. 

Awalnya arisan ini melekat pada kegiatan ibu-ibu rumah tangga, biasanya dengan menyisihkan uang belanja dengan dalih  hitung-hitung menabung. Bagi nama yang mendapat giliran awal seperti meminjam karena untuk kelanjutannya memiliki  tanggungjawab dan kewajiban membayar sesuai ketentuan, bagi yang mendapat giliran di akhir sifatnya menjadi seperti menabung.  Kini hampir di setiap perkumpulan atau organisasi bahkan sengaja membentuk perkumpulan mengadakan  arisan. Kalangan elite dan sosialita pun ramai mengadakan arisan ini. Jenis dan model nya pun mulai beragam tidak hanya berupa uang. 

Arisan seolah menjadi budaya di Indonesia, entah di negara lain. Arisan yang sifatnya masih tradisional, biasa dilakukan dengan cara berkumpul tatap muka,bercengkrama diwarnai dengan makan-makan kemudian menunggu arisan dikocok saat yang mendebarkan karena tentu ada beberapa orang yang berharap namanya muncul menjadi pemenag. Arisan tradisional seperti ini sangat terasa memiliki nilai-nilai budaya, silaturahmi, sosial, investasi bahkan ada sisipan bisnis, ketika ada yang memanfaatkan peluang untuk menawarkan barang dagangannya.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kegiatan arisan ini pun menjadi prospek baru bagi sejumlah kalangan dengan diadakannya "arisan online" . Tentu  nilai-nilai  dari arisan itu tidak lagi sama dengan arisan tradisional, tidak sedikit peminatnya.

Namun demikian mencermati dan mempelajari terlebih dahulu seluk beluk dari adanya penyelenggaraan arisan online ini tentu adalah langkah bijak bagi pelaku. 

Saat ini kita dihadapkan berbagai alternatif bentuk kegiatan arisan, tinggal kita yang menentukan jika berminat dengan kegiatan arisan ini. Apapun pilihan kita harus mengutamakan asas kebutuhan, kemampuan dan nilai-nilai yang bisa mendatangkan manfaat.

 

#Selamat untuk yang dapat arisan

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post