YuniarSafitri

Yuniar seorang guru SMK mata pelajaran produktif Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di SMKN 1 Nguling Kabupaten Pasuruan satu daerah pesisir di Pasuruan bagi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengapa ada ujian?

Mengapa ada ujian?

#Tangangan Menulis Gurusiana Hari ke -24#

Mendengar kata-kata ujian, tentunya dibenak kita pasti akan terbayang kita akan berhadapan dengan soal yang harus dikerjakan. Terbayang sejumlah soal yang harus dicari jawabannya. Suka tidak suka kita harus mengerjakannya dan berharap nilai terbaik yang diterima.

Sering kali kita mendengar pertanyaan "Buat apa sih ada ujian?" Jawabannya sudah jelas ujian dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kemampuan pengetahuan atau keterampilan kita. Berbagai upaya yang dilakukan agar dapat mengerjakan soal ujian,ada yang belajar dengan keras, ada yang belajar dan berdoa siang malam, tapi ada juga yang mencari soal ujian sekaligus kuncinya bahkan ada yang mencontek teman sebelah.

Bila itu hasil ujian telah diumumkan dan hasilnya memuaskan,ada rasa bangga dan bahagia,puas. Sebaliknya bila hasil ujian tidak memuaskan ada rasa kecewa,dan berharap waktu dapat diputar kembali.

Di kehidupan pun ada ujiannya. Ada yang lulus ada pula yang gagal dalam menjalani ujian hidup. Mereka yang lulus adalah mereka yang memiliki jiwa, kekuatan dan semangat dalam menjalani kehidupan. Tidak mudah untuk menyerah bila harus berhadapan dengan kesulitan. Orang seperti inilah yang sering kreativitanya muncul saat kesulitan melanda.

Mereka yang gagal, adalah mereka yang selalu mengeluh dengan keadaan yang dihadapi. Mereka sering bertanya,"Mengapa kami harus diuji dengan ujian yang berat?". Mereka lupa bahwa Alloh berfirman dalam QS. Al Ankabut ayat ke dua yang artinya,"Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan ,"Kami telah beriman". Sedang mereka tidak diuji lagi."

Dari situlah seharusnya kita bijak dalam menyikapi ujian hidup. Siapa tahu ada hikmah dari ujian yang kita hadapi.Ada sebuah perkataan yang menarik,"Kalau kita siap hidup hadapi ujian,bila tak mau diuji jangan hidup". Sedikit perenungan kala kondisi tak menentu karena virus covid-19.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sama-sama bun...terima kasih

26 May
Balas

Mantap bun, Mohon maaf lahir dan batin

26 May
Balas



search

New Post